Senin, 04 September 2017

A 1000-book Reading Challenge for Children | Let's Read One Bedtime Story Everyday With Children



Memasuki bulan September yang konon adalah bulan yang ceria, tiba-tiba terlintas sebuah ide di kepala saya. Ide ini memang nggak orisinil karena terinspirasi dari 1000 books montessori dan juga kabar dari seorang kawan di negara seberang yang menceritakan betapa serunya kegiatan-kegiatan bagi balita di perpustakaan daerah mereka.

Hal-hal tersebut yang akhirnya membuat saya tergerak untuk membawa kegiatan membaca saya bersama anak-anak ke blog nurina mengeja kata. Kegiatan reading challenge ini juga upaya agar blog saya nggak berdebu karena blogging slump yang melanda saya beberapa bulan terakhir ini 🙈 Well, tentunya juga dengan niat untuk mendokumentasikan apa saja yang sudah kami baca bersama. Karena berdasarkan pengalaman saya selama ini, banyak hal-hal menarik dan lucu yang terjadi selama proses reading bersama mereka.

Untuk aturan dan pelaksanaannya (insyaallah) ini yang akan saya lakukan 😅 :

1. Membaca buku anak apa saja bersama-sama dengan anak, di jam yang sama setiap harinya. Tidak menutup kemungkinan membaca lagi buku yang pernah dibaca selama reading challenge ini.

2. Untuk buku tebal yang terdiri dari beberapa cerita, saya akan membacakan satu kisah per satu harinya kepada anak-anak. Sehingga bisa saja satu buku diselesaikan dalam beberapa hari. Mengingat pada prinsipnya RC ini boleh melakukan pengulangan membaca buku yang sama, maka hitungan untuk buku yang telah dibaca pun akan mengikuti banyaknya cerita.
Misal: Dalam satu buku anak terdapat 10 cerita, maka juga akan dihitung telah membaca buku sebanyak 10 kali.

3. Di akhir membaca buku untuk anak, saya akan mengajak mereka berdiskusi tentang isi buku, menggali pemahaman dan empati mereka serta menjawab semua pertanyaan yang muncul.

4. Memposting review atau kesan setiap kali selesai membaca satu buku atau secara berkala (setiap 10 buku/setiap satu minggu sekali).

5. Membuat update RC setiap mencapai kelipatan 100 buku.

6. Waktu pelaksanaan reading challenge ini bisa dimulai kapan saja dan berakhir setelah tercapai 1000 buku.

Semoga saja reading challenge ini sukses sampai di tujuannya, dan semangat saya untuk update nggak kendor di tengah jalan. Wkwkwk~~ Bagi teman-teman yang mau ikutan membaca bersama anak/adik/keponakan/murid atau bahkan anak tetangga boleh saja lho, tinggalkan saja comment di postingan ini. Yuk kita seru-seruan membaca bersama generasi masa depan Indonesia agar mereka melek literasi sedini mungkin 😉

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon