Senin, 21 September 2015

[BlogTour + Giveaway] Namaku Subardjo by Hapsari Hanggarini - Caleg Lugu dan Penasehat Sotoy


Hallo pengunjung setia blog Nurina Mengeja Kata... kali ini saya jadi host ketiga untuk Blog Tour Namaku Subardjo karya Mbak Hapsari Hanggarini. Bagi kamu yang menginginkan novel ini gratis, yuk simak dulu resensi Namaku Subardjo dari saya, baru nanti di akhir resensi kita bakal bersenang-senang dengan giveaway-nya, ya ;)



Judul buku: Namaku Subardjo
Penulis: Hapsari Hanggarini
Editor: A. Mellyora
Desain sampul dan isi: Rendra TH
Proofreader: Hartanto
Penerbit: MetaMind, Imprint of Tiga Serangkai
Tahun terbit: Juli 2015
Tebal buku: 240 halaman
ISBN: 978-602-72834-0-4



BLURB

Pernah membayangkan kalau namamu--nama yang diberi orangtuamu--akan menentukan nasib percintaanmu?

Aku tak akan percaya kalau tidak menyaksikan sendiri kisah cinta kakakku berantakan hanya karena namanya Subardjo--nama yang menurut mantan pacarnya, nggak ngepop. Bahkan, tampang keren, uang yang bertumpuk di rekening tabungan, atau tongkrongan hebat yang kamu punyai tak cukup membantu, selain menjadi perantara untuk mengulur waktu, saat di mana cintamu diputus begitu saja tanpa penyesalan.

Lalu, apa yang kamu rasakan ketika namamu pun ikut menentukan perjalanan kariermu? Meski pertanyaan itu konyol, aku bisa menemukan sedikit kebenaran di sana, ketika kakakku mendadak menjadi seorang caleg. Ya, caleg yang harus mengabdi pada rakyat: mendengarkan dan memperjuangkan hak dan aspirasi mereka.

Apa hubungannya? Kamu akan menemukannya dalam cerita ini. Cerita yang berawal dari sebuah nama serta berakhir di tempat yang sama.


RESENSI

Ini kisah tentang Subardjo alias Jojo, cowok yang menurut Dina--adiknya--cukup ganteng berkulit hitam manis. Jojo merupakan seorang mahasiswa semester terakhir di Program D3 Teknik dan merupakan spesies hasil persilangan Brebes dan Sidoarjo. Tapi dia sudah dipercaya keluarganya untuk mengurusi arus distribusi telur asin di Jakarta. Bisnis telur asin tersebut sudah digeluti keluarga Jojo dan Dina sejak zaman kakek moyang mereka. Bisa dipastikan seberapa kayanya Jojo meskipun dia masih mahasiswa.
Maka tak heran Jojo berhasil menggaet cewek paling manis sekompleks. Setiap pagi Jojo rutin mengantar Ila ke kampus sekalian memberi tebengan pada bapak, ibu dan adik Ila, terkadang Aa', Teteh, Om dan Tante ikut nebeng juga. Sayangnya itu nggak membuat Ila puas, begitu tahu nama panjang Jojo adalah Subardjo thok, Ila langsung minta putus. Karena Ila ilfil dengan nama Subardjo dan sepertinya dianggap tidak cocok mendampingi namanya, Priscilla Catherine Olivianti. Jojo pun patah hati.
Saat itulah, Rudy, salah satu karyawan Jojo mengusulkan agar Jojo mendaftar jadi caleg di partai kenalannya yang baru saja didirikan, Partai Peduli Amat. Awalnya Jojo ragu, tapi dengan sigap Rudy terus membujuk hingga Jojo pun menurut. Dan mendaftarlah Jojo di Partai Peduli Amat untuk menjadi caleg mewakili dapil daerah asalnya Brebes.
Siapa sangka, upaya coba-coba Jojo malah membuatnya terperosok makin dalam. Jojo yang lugu, yang lurus dan gaptik alias gagap politik, didampingi Rudy si penasehat sotoy, ikut berkubang dalam hiruk pikuk kampanye. Hal itu membuat Dina takut kakaknya mulai kehilangan nurani.
Berhasilkah Subardjo lolos jadi caleg dan membuktikan apalah arti sebuah nama?

-------

Sebagai Juara Harapan Pertama Lomba Menulis Novel Remaja Seberapa Indonesiakah Dirimu? novel Namaku Subardjo membidik tema yang unik dan penulis mengolahnya dengan cerdas. Dunia politik yang semestinya bernuansa serius disajikan dengan lucu sambil tak lupa menyentil perilaku masyarakat kita.

Novel ini dikisahkan dari sudut pandang Dina, sang adik, sebagai aku. Riskan tentu saja, karena "aku" bukanlah si tokoh utama, tugas berat bagi "aku" untuk menunjukkan kepada pembaca polah tingkah Jojo selama nyaleg. Namun penulis cukup cermat membuat "aku" bisa bercerita tentang kegiatan Jojo tanpa pembaca merasa risih karena terus mengintili tokoh utama.
Hanya satu kali saat si "aku" tidak ikut kakaknya ke TKP, yaitu ketika Jojo pertama kali mendatangi kantor Partai Peduli Amat. Kronologi yang terjadi di tempat itu keluar dari mulut Jojo saat bercerita pada Dina. Itulah saat Jojo mengambil alih peran sebagai "aku" meski dicetak miring. Di bagian ini terus terang saya agak kurang sreg. Saya pikir tetap lebih enak mereka berdialog, sehingga Dina tetap bisa nyeletuk dengan bebas. Tapi saya tetap bisa ngikik-ngikik geli bin jijay kok. Tentu saja karena guyuran hujan lokalnya :)))))

Novel ini menyajikan tokoh yang beragam dengan karakter masing-masing yang konsisten. Sangat bisa dibedakan sifat-sifatnya bahkan dari dialognya. Saya merasakan kekuatan karakter para tokoh. Terutama sosok Ibu, yang meski muncul sedikit tapi pelitnya langsung nancap di kepala. :D
Narasinya lumayan, kadang lucu, kadang bikin mikir, kadang lebay, kadang garing, kadang bikin ngakak hebat. Dan semua tersaji dalam porsi yang pas. Hal yang sama juga terasa dalam dialog. Cukup menghibur dengan bahasa ngapak yang digunakan para tokoh dalam novel ini. Tapi eits jangan khawatir nggak paham, karena ada catatan kaki untuk setiap kalimat berbahasa ngapak yang digunakan. Bisa nambah wawasan, kan?

Saya rekomendasikan novel ini bagi para pembaca yang ingin nyaleg remaja sebagai pemilih potensial dalam pemilu. Wawasan politik novel ini disajikan dengan kocak dan menghibur. Namaku Subardjo adalah novel yang ringan namun sarat makna, novel ini bisa jadi potret tentang secuil dunia politik Indonesia yang mirip panggung komedi ;)


TEBAR-TEBAR QUOTE

Rezeki memang nggak dibagi berdasarkan keren nggaknya nama seseorang, ya. (hal. 35)

"Kamu pinter banget, sih bikin kata kerja! Dari 'caleg' jadi 'nyaleg' dan cara ngomong kamu bikin 'nyaleg' kedengerannya nggak jauh beda dengan kata 'nyangkul', 'nyabit', 'nyari', 'nyuci', dan sebangsanya. Jadi caleg kan nggak semudah yang kita pikirin, Dol." (hal. 37)

Akan tetapi kalau nasi sudah menjadi bubur, memang lebih baik langsung dimakan. Jangan tanggung-tanggung. (hal. 90)

Hidup cuma sekali, seharusnya dinikmati, bukan diisi dengan menyiksa diri. Sepanjang masih didapatkan dan digunakan di jalan yang benar, pasti bermanfaat. (hal. 93)

Setiap orang punya nama yang pasti punya makna atau harapan tersirat di sana. Pendapat orang nggak perlu terlalu dipusingkan, apalagi sampai bikin stres. (hal. 133)

"Rud, apa nggak ada cara lain untuk menarik simpati orang selain memanfaatkan musibah orang lain?" (hal. 197)

Apakah memang benar sudah sebegitu remang-remangkah kehidupan dunia politik dan kehidupan masyarakat kita hingga orang superbaik dan kuat yang masuk ke dalam sistem pun nggak bisa berbuat banyak untuk melakukan sebuah perubahan? (hal. 207)

--------********--------

Dan sekarang saatnya GIVEAWAY!!! Saya akan bagi-bagi stiker Subardjo!!! Hahaha... enggaklah, biar Rudy saja yang bagi-bagi stiker mohon doa restunya, saya sih cuma mau membagi satu eksemplar novel NAMAKU SUBARDJO dari Mbak Hapsari Hanggarini di sini ^^

Syaratnya mudah & nggak ribet, kok:

1. Peserta berdomisili atau punya alamat kirim di Indonesia.
2. Follow akun twitter @Hh_hapsari  penerbit @Tiga_Serangkai dan @KendengPanali 
3. Follow blog ini via email atau GFC
4. Share giveaway ini dengan hashtag #NamakuSubardjo dan mention ketiga akun di atas. Boleh juga mention beberapa temanmu supaya lebih ramai ;)
5. Jawab pertanyaan berikut dengan mencantumkan nama, akun twitter dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah:

Jika kamu punya anak nanti, atau sudah punya anak, nama apa yang akan kamu berikan dan harapan atau doa apa yang kamu titipkan dalam nama tersebut?
Sedikit tips: yang saya pertimbangkan adalah harapan kalian dalam nama tersebut, karena bagus enggaknya sebuah nama kan relatif ;) 

6. Jawaban serumu saya tunggu sampai penutupan giveaway tanggal 27 September 2015 pukul 23.59 ya. Selamat menjawab dan semoga beruntung :))

29 komentar:

nunaalia mengatakan...

nama: Aulia
twitter: @nunaalia
kota: Serang

Jawaban:
Nama anak? Aduh belum kepikiran nih....karena calon bapaknya juga belum ada hahahaaaa
Tapi aku punya keinginan kalo punya anak pengen nama yang islami dan mengandung sifat teladan Nabi, juga ada gabungan nama kecil aku & suami (tuh kan...hrs ada suaminya dulu hehe). Harapan dan doanya semoga anak itu nanti memiliki sifat teladan nabi, juga mewarisi hanya sifat-sifat yang baik dari kedua orangtuanya. :)

Intan Novriza Kamala Sari mengatakan...

Jika kamu punya anak nanti, atau sudah punya anak, nama apa yang akan kamu berikan dan harapan atau doa apa yang kamu titipkan dalam nama tersebut?

Jawaban :

Aluna Shinra Mayang

Aluna. Menggambarkan alunan nada yang indah. Berhubung calon papanya penyanyi dan aku juga nyari duit dari jual suara (siaran), mengabadikan alunan suara lewat Aluna rasanya tak salah.

Shinra. Berarti diakui seluruh semesta. Penginnya gadis ini nanti nggak bakal kena bully, nggak bakal dijahati siapapun. Kemampuannya diakui. Karirnya bakal melejit.

Dilengkapi dengan Mayang. Mayang memiliki arti bunga dari pohon pinang. Bunga cantik yang punya banyak manfaat, diantaranya sebagai hiasan dalam perkawinan, bahan kerajinan, dan dari tandan yang disadap dapat dijadikan gula aren.

Aluna Shinra Mayang. Semoga menjadi alunan yang indah, diakui semesta dan menebar banyak manfaat bagi sesama.

Nama : Intan Novriza Kamala Sari
Akun twitter : @inokari_
Kota tinggal : Kota Bengkulu

Sukses blogtournya, kak! :D

Rini Cipta Rahayu mengatakan...

Rini Cipta Rahayu
@rinicipta
Karangasem, Bali

Kalau nanti aku punya anak aku pengin memberikan nama Kinandari untuk cewek dan Deva untuk cowok. Sebenernya kedua nama itu memiliki arti yang sama. Kinandari artinya bercahaya, sedangkan Deva berasal dari kata Div yang artinya sinar. Kalau cewek, pengin memberikan nama belakangku yaitu Rahayu, harapannya agar selain bercahaya juga bisa memberikan kebahagiaan. Semoga nantinya putra-putriku itu bisa memberikan cahaya kehidupan seperti matahari kepada dirinya, keluarga maupun orang terdekat. Semoga kelak mereka juga memiliki kehidupan yang baik dan cemerlang :)

Marfa Umi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Aya Murning mengatakan...

Kalau aku punya anak nanti (aamiin) yang jenis kelaminnya perempuan, mau aku kasih nama...

Mia Alisha Bellerose

Terinspirasi dari nama temanku sendiri. Awalnya karena langsung naksir aja sama nama itu. Enak dibaca dan didengar. Setelah searching artinya, dapatlah ini...

• Mia: mine (milikku, milik si orangtua)
• Alisha: keturunan dari keluarga terhormat
• Bellerose: cantik seperti bunga mawar

Kalau disambung maka jadinya: dia adalah milikku, si anak keturunan dari keluarga terhormat (dan semoga selalu menghasilkan keturunan yang baik-baik) yang cantik seperti bunga mawar. aamiin~

Thank you. ;)

*

Aya Murning | @murniaya | Palembang

Safitri Ariyanti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Safitri Ariyanti mengatakan...

Nama: Safitri Ariyanti
Twitter: @safitriariyanti
Kota Tinggal: Kota Metro, Lampung

Kalau nanti aku punya anak, aku mau memberi nama Nadhira Shanum Arsyila untuk perempuan dan Zayn Malik untuk laki-laki.

Nadhira mempunyai arti yang berharga, yang terpilih. Shanum berarti diberkahi Allah dan Arsyila berarti jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna. Jadi, aku punya pengharapan bahwa anakku nanti adalah orang yang terpilih dan berharga sehingga diberkahi Allah agar memiliki jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna.

Zayn Malik, selain maknanya adalah raja yang tampan, aku juga suka sekali dengan nada-nada tinggi yang dimiliki Zayn Malik, si mantan anggota One Direction. Siapa tahu anakku nanti ketularan punya suara emas dan tampan seperti dia. Hehe. :D

chaesaropha mengatakan...

Nama : Novalita Chaesaroh
Akun : @chaesaropha
Kota : Jakarta

Sebenarnya untuk saat ini aku belum mencari nama untuk anakku kelak karena aku masih sendiri. Namun aku pernah berpikir, suatu hatu saat anak-anakku lahir, aku ingin sekali memiliki anak dengan nama islam dengan arti seperti sifat-sifat Allah, atau dengan nama nabi dan para sahabatnya. Aku berharap anak-anakku kelak memahami arti dari nama-nama mereka agar kehidupan mereka seperti arti dan makna dari nama mereka. Menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat untuk orang lain

Utsu.Ki mengatakan...

Tri Indah Permatasari
@LiebeIs0503
Palembang

Muhammad Benjamin Abraham dan Savira.
Untuk Muhammad Benjamin Abraham. Muhammad, insya allah anakku kelak bisa mencontoh Nabinya menjadi hamba Allah yang setia. sedangkan Benjamin memiliki Sikap emosi meledak-ledak. Penuh gairah. Tidak dibuat-buat, penuh ide. Pintar dan berjiwa. Cerdas, berjiwa petualang. Senang di rumah, pekerja keras. Kreatif, unik. Dan Abraham semoga kelak dia menjadi pemimpin yang jujur seperti Abraham Lincoln, Presiden yang aku idolakan. Insya allah kelak Abe, bisa jadi anak yang sholeh taat agama, cerdas, pemberani, dan jujur.

Savira. ini karena aku masih saja tak bisa melupakan sosok almarhumah Adinda ku tercinta, semoga anakku bisa mencontoh tantenya yang rajin sholat, rajin menabung, sayang sama orangtua, berteman dengan semua orang, disayangi semua orang, memiliki pribadi yang baik, jujur dan cantik.

Itu hanya keinginanku, tapi nanti kalai sudah ada suami dan akan mendapatkan karunia anak, pasti akan dikompromi lagi nama apa yang baik untuk calon anak kami nantinya. siapa tau dia pecinta bola, atau bisa juga ingin mencantumkan namanya di belakang nama anak kami nanti. ^^ Insya allah anak kami bisa jadi anak yang sholeh dan sholehah, mengiringi orangtuanya kelak ke pintu surga. Amin.

dianmayy mengatakan...

Nama: Dian Maya
Domisili: Makassar
Twitter: @dianbookshelf
Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/646498590576128000

Cowok --> Alfarizi (Bulan Kelahiran) (Nama Bapaknya)
Cewek --> Diandra (Nama Kelahiran) (Nama Bapaknya)

Untuk nama tengah, tergantung bulan kelahiran si anak. Nah nama belakangnya kan tergantung nama bapaknya kelak. Hehehe.
Alasannya namanya?
Alfarizi --> Pemimpin/ksatria
Diandra --> Perempuan kuat nan anggun

ataya rani mengatakan...

Nama : Athaya Septiana
Kota : Yogyakarta
Twitter : @nanarara8
Link Share : https://twitter.com/Nanarara8/status/646527369474281473

Q : Jika kamu punya anak nanti, atau sudah punya anak, nama apa yang akan kamu berikan dan harapan atau doa apa yang kamu titipkan dalam nama tersebut?

A : Hm..... nama anak ya? Tentu belum kupikirkan sama sekali. Tetapi jika hanya berandai-andai atau membayangkan, aku ingin memberi nama anakku dengan nama-nama yang baik dan, mungkin kusesuaikan dengan zaman ini, hehe. Misalnya : Az-Zahra, Yasmin, dll.
Doa yang kutitipkan melalui nama mereka kelak ialah, doa supaya mereka dapat menjadi seseorang yang berguna baik bangsa, negara, agama, dan tentunya keluarga. AKu ingin mereka dapat menjadi orang hebat dan memebahagiakan kedua orangtuanya, dan aku juga berdoa, semoga mereka kelak akan jauh melampaui kemampuan orang tuanya, dalam artian mereka akan menjadi generasi yang jauh lebih baik.

Ramadhanul Fitri mengatakan...

Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
Akun twitter : @ramadhan_rae
Kota tinggal : Tangerang

Jawaban :

"Keisha Basyirah Jinan"

Yang memiliki arti,
Keisha : Putri (milik orangtuanya)
Basyirah : Kabar gembira
Jinan : Surga

Jadi, arti keseluruhan :
Keisha Basyirah Jinan = Putri yang membawa kabar gembira untuk orangtuanya atau orang disekitarnya dari surga. Amin ^^

Laura Lidya Monica Putri mengatakan...

Nama: Laura Lidya Monica Putri
Twitter: @LauraLmcP
Domisili: Batam

Jika kamu punya anak nanti, atau sudah punya anak, nama apa yang akan kamu berikan dan harapan atau doa apa yang kamu titipkan dalam nama tersebut?

Arkana Arkharega. "Matahari dengan sinar yang paling terang"
Arkana: Sinar yang paling terang. Penerang.
Arkharega: matahari.

Insya Allah, suatu saat nanti jika punya anak (amin ya rabb) karena sekarang calon ayahnya belum ada (eh..) , akan aku berikan nama ini. Semoga dia akan menjadi anak yang sifatnya seperti "sinar matahari yang paling terang". Seperti sinar matahari yang selalu menyinari bumi dengan sinarnya yang hangat, membawa kebaikan dan keindahan. Tidak hanya itu, matahari juga berperan ganda dalam keberadaan bulan. Matahari berperan memantulkan cahaya pada bulan agar bulan dapat bersinar di malam hari. Ya, suatu saat dia bisa memberika kekuatan pada orang-orang disekitarnya.

Nova Indah Putri Lubis mengatakan...

Nama : Nova Indah Putri Lubis
Twitter : @n0v4ip
Domisili : Medan

Kalau perempuan mau dikasih nama Hanania Putri Az-Zahra dengan harapan semoga menjadi perempuan yang indah dan memberi keindahan seperti bunga dan hidupnya selalu dikasihi Allah.

Kalau laki-laki mau dikasih nama Afif Ahwal Said dengan harapan semoga menjadi laki-laki yang selalu memelihara diri nya dari perbuatan terlarang dan hidupnya selalu bahagia

Terima Kasih mbak ^^

Nova Indah Putri Lubis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Pramestya W.A mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Pramestya W.A mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Neneng Lestari mengatakan...

Neneng Lestari
@ntarienovrizal
Aceh

Berhubung aku sudah punya anak, aku sudah menamai putra kecilku dengan nama Muhammad Zayan Fahlevi.

Muhammad = aku berharap ia punya sifat-sifat kebaikan seperti beliau.Meski tidak semulia belia, tapi aku harapkan ada kebaikan setiap perbuatan yang ia lakukan di kemudian hari.

Zayan= artinya Lelaki Tampan. Tentu seorang ibu ingin anaknya memilki wajah tampan, dan rupawan. Makanya aku memberinya nama itu.

Fahlevi= artinya orang yang cerdik. Ingat ya cerdik bukan pintar. Kenapa cerdik? karena kalau cerdik seseorang itu aku yakini bisa menyelesaikan masalah dengan lebih baik daripada orang pintar. Orang cerdik juga memiliki seribu cara untuk menguasai suatu hal.

aku harap dengan ketika nama ini, aku bisa memberikan doa berupa kebaikan seperti yang dilakukan oleh Muhammad SAW, memiliki paras tampan seperti Nabi Yusuf dan memiliki akal yang cerdik yang bisa membantu memecahkan masalah orang lain

Nur Ramadhani mengatakan...

Nur Ramadhani Anwar
@DhaniRamadhani
Jeneponto

Emmm, semoga nanti panjang umur dan bisa menikmati bahagianya jadi seorang ibu. Amin.

Kalau anaknya laki-laki dikasi nama Muhammad Adli Fahrevi. Artinya, biar dia kelak bisa mewarisi sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, biar bisa bersikap adil kepada siapa saja dan juga hidupnya bisa makmur dan sejahtera. Amin.

Kalau anaknya perempuan dikasi nama Queennisa Aurora Aurarita. Artinya, biar nanti dia menjadi ratu disetiap hati orang, nisa nya diambil dari bahasa arab yang berarti perempuan, dia bisa secantik aurora, dan aurarita diambil dari nama ilmiah dari ubur-ubur biar nanti dia bisa menyengat kalau ada yang macam-macam. hehe. Amin

Mbak aku tambah teman via G+ yah, yang lain entah kenapa gak bisa. Hehehe

Dini Auliana Putri mengatakan...

Nama :Dini Auliana Putri
Twitter :@Dini_AP28
Kota tinggal :Kota Metro

Laki -laki :Muhammad Naufal Nawwaruddin yg artinya laki-laki dermawan yang memancarkan sinar agama. Harapannya semoga kelak menjadi anak yg tetap dermawan pada orang lain yg membutuhkan, meski rezekinya pasang surut. Dan dimanapun berada tetap memancarkan(menomor satu kan) kebenaran tentang agamanya.

Atau jika perempuan:Inaya Azmi Athifa artinya anak perempuan yang memiliki perhatian, keteguhan hati dan perasaan. Harapannya semoga kelak menjadi anak yg memiliki perhatian dengan keadaan/lingkungan sekitar. Tetap teguh hatinya saat menghadapi berbagai permasalahan. Dan peka perasaannya.

aditya septiawan mengatakan...

Nama : Aditya Septiawan
Akun Twitter : @aditseptiawan_
Kota Tinggal : Boyolali
Jawaban :
Kalau kelak saya memiliki anak, meskipun entah siapa nanti pasangan saya hehe. Akan saya beri nama seperti nama depan saya, Aditya. Aditya berarti matahari. Bagi saya, matahari sangat bermanfaat dalam kehidupan di dunia, mulai dari menerangi di siang, membantu fotosintesis tumbuhan, mengeringkan jemuran, dan masih banyak lagi. Itu harapan saya agar kelak anak saya bisa berguna dan memberikan manfaat pada manusia lain di dunia ini.
Tapi, nama Aditya mungkin tidak menjadi nama pertama, tapi mungkin nama tengah, atau akhir. Untuk nama awalnya masih dipikirkan :D

desty mengatakan...

Nama : Desty
Twitter : @destinugrainy
Kota : Palopo

Saya sih sudah punya anak, umurnya satu tahun. Kemarin pas lahiran, jatah ngasih nama anak "dilimpahkan" ke opung-nya :D
Tapi saya kebagian juga ngasih nama tengahnya. Saya kasih nama Nugraha. Karena bagi saya, anak ini benar-benar anugrah buat saya yang sudah menanti selama 6 tahun. Selamaitu saya sudah usaha kemana-mana, tapi ya hanya karena anugerah-Nya saya baru bisa mendapatkan anak. Lagian mirip-mirip sama nama saya yang juga ada unsur anugerahnya di "Destinugrainy"

Ohya, kalau punya anak lagi dan dia (semoga) perempuan, pengen kasih nama Felicia. Dalam bahasa Latin itu artinya kebahagiaan. Ada juga yang mengartikan kemenangan. Biar mirip sama nama kakaknya "Yobel" yang berarti "tahun kemenangan"

Nadia Ashari mengatakan...

Nama: Nadia Puspaningtyas A.
Twitter: @Nadia48nafla
Kota: Surakarta

Kalau perempuan namanya Nafla Syakira.
Nafla artinya matahari, sedangkan Syakira dari kata syukur artinya yang selalu berterima kasih atau bersyukur. Dari nama itu, aku berharap dia akan menjadi matahari kecilku dan matahari semua orang, menjadi cahaya yang membawa kebahagiaan dan kehangatan di hati. Serta, menjadi seseorang yang selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan.
Huruf depannya memang sengaja aku samakan dengan namaku, Nadia. Untuk nama laki-laki biar nanti calon ayah yang memberi :D, tapi paling tidak aku ingin ada nama Muhammad.

Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan...

nama : Muhammad Rifqi Saifudin
Twitter : @Rifqi_MULovers
Kota : Barito Kuala

Kalau laki-laki aku beri nama Muhammad Isa Al-Fatih. Dengan ada dua nama nabi Ulul Azmi, aku berharap nantinya akhlak anakku bisa mulia seperti beliau. Aku juga menyelipkan Al-Fatih, nama dari pemimpin terbaik yang disebutkan oleh Rasulullah, dengan ini aku berharap anakku nanti juga bisa menjadi pemimpin terbaik, paling tidak untuk dia dan keluarganya.

Kalau perempuan aku beri nama Siti Maryam, seperti nama ibu Nabi Isa AS. Ini kuharapkan bisa membuat anak perempuanku menjadi seperti Maryam, rajin beribadah dan juga bisa tahan terhadap segala cobaan yang menimpanya.

Aamiin :D

Diddy Syaputra mengatakan...

Nama: Didi Syaputra
Twitter: @DiddySyaputra
Kota Tinggal: Tembilahan, Riau


Sesuai keyakinan islam. `Setiap kata adalah doa.` Berarti setiap nama juga merupakan doa. Maka ada baiknya nama sangat-sangat penting untuk diperhatikan.

Kalau aku sih, udah berazzam dari dulu pengen ngasih nama calon baby unyu, Muhammad Furqon Al-Irsyadi dan Miftahun Nisaaul Jannah. Kedua nama tersebut dinukil dari bahasa arab, pertama untuk laki-laki `Muhammad Furqon Al-Irsyadi.`

。 Muhammad: Orang yang terpuji (asal kata: Hamida)
。Furqon: Pembeda antara haq dan bathil.
。Al-Irsyadi: paling cerdas (asal kata: Rosyada)

Secara lengkap berarti `Orang yang terpuji, paling cerdas membedakan antara kebaikan dan keburukan.` Sesuai dengan namanya, aku sangat berharap dia tidak hanya terpuji dalam tingkah laku seperti Nabiullah Muhammad SAW. Tapi dia juga bisa membedakan antara kebaikan dan keburukan secara cerdas, bisa menjadi hakim yang adil dalam setiap kesempatan dan mudah melogikakan sesuatu yang memang saat ini dunia sangat menuntut logika. Banyak orang yang goyah bahkan pindah keyakinan hanya karena tidak bisa melogikakan keberadaan Allah SWT. Na'uzubillahimin Dzaalik.

Kedua untuk perempuan `Miftahun Nisaaul Jannah.`

。Miftah: kunci
。An-Nisaa': perempuan-perempuan
。Al-Jannah: surga

Secara lengkap berarti `Kunci bagi perempuan-perempuan surga.` Harapanku dari namanya, dia bisa menjadi wakil bagi para muslimah untuk meraih surga-Nya Allah SWT. Karena memang kodratnya perempuan sangat tertutup dalam hal kepribadian. Maka dengan hadirnya `Miftahun Nisaaul Jannah,` mereka bisa saling bertukar pendapat, saling menguatkan dalam keimanan. Aamiin.

Semoga azzam untuk kedua nama tersebut terwujud. Insya Allah Aamiin.

thiamelia mengatakan...

Nama: Thia Amelia
Akun: @Thia1498
Kota Tinggal: Bogor

Jika kamu punya anak nanti, atau sudah punya anak, nama apa yang akan kamu berikan dan harapan atau doa apa yang kamu titipkan dalam nama tersebut?

Kalau aku punya anak nanti, baik ditengah, depan atau belakan, saya akan menambahkan nama Ali untuk laki-laki dan Aliya untuk perempuan. Terinspirasi dari nama-nama Allah yang baik yang artinya Maha Tinggi dan Mulia. Harapan dengan adanya nama itu disana, bahwa saya ingin akan saya nanti menjadi orang mulia dalam arti yang luas. Menjadi orang mulai yang dipandang semua orang, menjadi orang mulai diantara teman-teman nya, menjadi orang mulia bagi keluargnya, menjadi orang mulia bagi agamanya, menjadi orang mulai bagi negaranya. Saya ingin dia menjadi orang yang tinggi yang tidak melupakan orang-orang disekitarnya, menjadi sosok mulai yang akan menjadi contoh bagi orang banyak. Dan menjadi penyelamat saya diakhirat nanti. Nama Ali dan Aliya ini bukan tanpa sebab saya memberinya. Nama itu adalah gambaran kepribadian, doa saya dalam nama ini sangat besar dan tinggi. Saya ingin dia menjadi orang yang berkah dengan memasukkan salah satu nama baik Allah dalam namanya. Sekaligus menjadi orang tinggi dan mulai baik bagi saya ataupun dia sendiri. Sehingga kelak, ia bisa menolong saya, didunia maupun diakhirat.

Putri Prama mengatakan...

Nama: Putri Prama Ananta
Akun twitter: @PutriPramaa
Kota tinggal: Probolinggo

Jika kamu punya anak nanti, atau sudah punya anak, nama apa yang akan kamu berikan dan harapan atau doa apa yang kamu titipkan dalam nama tersebut?

Padma. Udah gitu doang, nggak ada lanjutannya (atau masih belum tahu lanjutannya gimana nanti).
Secara arti sih, nama itu keren banget (menurutku). Padma itu berasal dari bahasa Sansekerta, artinya bunga. Mungkin, terkesan mainstream (atau memang mainstream?).
Nantinya, bocahku akan dipanggil "Pad", bayangkan aja nyebutin suku kata dengan huruf mati 'd', pasti lidahmu bakal nyangkut di langit-langit mulut.
Udah lama sih demen nama itu, menurutku unik. Lalu, kebetulan ada giveaway yang tanya nama, cuss kuikutin deeh :D

(Ini giveaway yang sebenarnya memaksa kamu berlomba-lomba cari makna nama atau nama di google dengan keyword 'nama bayi keren', hehehe. *abaikanini)

Fransiska Natalia mengatakan...

Nama : Velika natalia
Twitter : @VelikaNatalia
Kota : Semarang'an ajah...

Yuhuuuu.... akhirnya sempet juga buka smoga blum telat.

Ketika anakku lahir kelak anak pertama jika diberi laki-laki akan kuberi nama "Abraham Alexi Pratama" Putra pertama yang bisa menjadi bapak buat banyak orang, menjadi pembela dan pelindung bagi smua orang. Eits bukan berarti ingin menyalahi allah ya. Alexi sendiri berarti penjaga, pelindung *sebenarnya ada sangkutannya ama LexDePraxis nge_pans ama dia... #smoganulisnamaorgnyagasalah. Pratama sendiri anak pertama jadi dia bisa menjadi pelindung kedua setelah suami tercinta.
Setelah laki-laki ngidam2 punya anak perempuan biar pas sepasang. Akan kuberi nama "Zanirah Diyanah" yang artinya wanita lembut yang diharapkan bisa menjadi penyambung antara berbagai agama. #SayNoRacism. Karena saya sendiri adalah kaum minoritas di negara ini. Dan dengan agama yang minor juga. Jadi seneng aja gitu ngeliat negara kita bisa berdamai bisa saling menyetujui apa itu arti-arti pancasila :D. Perubahan menuju yg baik, tanpa merugikan satu pihakpun.

Maaf sebelumnya jika ada salah kata :)
TerimaKasih
GA #NamakuSubardjo
Senang Berpatisipasi

Gudeg Lalas mengatakan...

Banteng88 | Agen Bola | Agen Judi | Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi Online
Agen SBOBET
Agen IBCBET
Agen CASINO
Poker Online
Agen Judi Terpercaya
Prediksi Bola
Bandar Judi
Bandar Bola
Judi Online
Bola Online

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon