Jumat, 19 Februari 2016

[Resensi: Haute Heart - Regina Alexandra] Drama Percintaan sang Chef Berbakat


Judul buku: Haute Heart
Penulis: Regina Alexandra
Desain sampul: Marcel A.W.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2015
Tebal buku: 256 halaman
ISBN: 978-602-03-1474-7




BLURB

Sukses sebagai sous chef di restoran Prancis ternama ternyata tidak menjadi jaminan sukses dalam hubungan asmara. Bosan diabaikan dan tidak mau lagi mendapat janji-janji palsu, Diandra memutuskan hubungan dengan Edgar. Walau Edgar berusaha memohon, Diandra berkeras tidak mau kembali padanya. Apalagi di saat seperti itu muncul pria tampan yang menjadi chef kepala di restoran tempat Diandra bekerja, Aloys.
Aloys yang ramah dan tampan berbeda 180 derajat dengan Edgar yang pendiam dan eksentrik. Kehadiran Aloys membuat Diandra yang tenang sehingga menjadi penuh warna dan... drama.
Jika Diandra memilih Aloys, ia akan mempertaruhkan kariernya. Jika ia memilih Edgar, ia harus mrmikirkan segala perbedaan di antara mereka berdua. Diandra berusaha berkonsentrasi pada karier, namun ternyata drama percintaannya memengaruhi kariernya, dan memaksa Diandra membuat keputusan.


RESENSI

Lagi-lagi Diandra dibuat kesal oleh kekasihnya, Edgar. Diandra sudah mengirimkan beratus-ratus pesan pada Edgar melalui BBM agar jangan lupa pada janji acara makan malam mereka, tapi sepertinya kali ini pun Edgar tetap terkubur dalam pekerjaannya. Merasa disepelekan Diandra pun memutuskan mengakhiri hubungan mereka.
Di lain pihak, restoran Parisian Chic, tempat Diandra bekerja sebagai sous chef, baru saja melakukan perpisahan dengan sang chief de cuisine, Mr. Damien. Diandra merasa bahagia karena Mr. Damien dan beberapa staf percaya jika Diandra lah yang akan ditunjuk sebagai pengganti Mr. Damien. Namun, ternyata pemilik restoran justru mendatangkan Aloys Guerard, chef dari Prancis untuk menggantikan Mr. Damien. Chef yang bukan hanya terampil dengan menu Prancis tapi juga suka flirting.
Aloys dengan terang-terangan menunjukkan  bahwa ia tertarik pada Diandra, dan tanpa malu-malu merayu Diandra. Sementara Edgar masih dengan setia memborbardir Diandra dengan permintaan maaf dan memohon kesempatan kedua.
Di tengah kebimbangan Diandra, ia semakin membenamkan diri di komunitas Cinta Memasak dan makin dekat dengan Sekar, salah satu anggota komunitas tersebut. Sekar lah yang memegang rahasia Aloys. Dari Sekar, Diandra tahu siapa Aloys yang sebenarnya.
Akankah Diandra luluh dalam hujan perhatian dan romantisme Aloys? Atau ia akan kembali pada Edgar yang walau selalu sibuk tapi sebenarnya itulah bukti cintanya pada Diandra? Bagaimana nasib Diandra di Parisian Chic saat hubungan asmaranya dengan Aloys justru membuat dapur jadi kacau dan menimbulkan masalah?

------------

Haute Heart adalah karya pertama Regina Alexandra yang saya baca. Secara garis besar novel ini berkisah tentang seorang wanita yang berada di antara dua pilihan, memberikan hatinya pada seorang chef bule yang nggak malu-malu menunjukkan keromantisan atau menyerahkannya kembali pada pria pekerja keras yang cuek dan menganggap romantisme hanyalah untuk remaja.
Kisah simple ini dibalut dengan dunia masak-memasak nan mewah ala masakan Prancis, membuat temanya yang sederhana jadi berkesan unik. Apalagi banyak istilah memasak bermunculan dalam novel ini.

Haute Heart menggunakan POV orang ketiga dan beralur maju. Plotnya lumayan rapi dan jalinan ceritanya mengalir dengan apik. Dialog antar tokoh terasa luwes, hidup, dan alami.

Tokoh dalam Haute Heart masing-masing memiliki karakteristik yang khas. Diandra yang periang tapi juga mudah terbawa emosi. Meskipun saya cukup heran juga, dengan hubungan putus-nyambung antara Diandra dan Edgar. Selama ini Diandra dikenal sebagai sous chef yang hebat dan kompeten, tentunya masalah seberat apapun yang ia hadapi dalam hubungan percintaannya nggak membuatnya jadi 'kacau' di dapur. Tapi dilabrak anak bos dan dituduh semena-mena bisa membuatnya mengacaukan menu masakan.
Edgar yang cuek cukup memberi gambaran bahwa terkadang laki-laki nggak memperhatikan detail romantis dalam kehidupan tapi lebih menunjukkan rasa cinta melalui bentuk nyata. Bekerja keras. Bodoh banget kalau pria seperti Edgar dilepaskan. Masih mending cuek karena fokus pada pekerjaan, daripada cuek karena sibuk menggoda wanita lain, kan?
Aloys tampil seperti pria Prancis kebanyakan. Pria Prancis terkenal pintar flirting dan ahli membuat wanita berbunga-bunga. Sama halnya dengan Aloys yang ganteng dan membuat Diandra goyah.
Saya rasa chemistry antar tokohnya sudah bagus. Yang paling saya suka adalah interaksi ayah Diandra dengan Diandra. Terasa benar rasa protektif dan kebijaksanaannya.

Yang menarik dari buku ini adalah istilah-istilah dalam dunia masak-memasak, pengetahuan tentang keju dan resep masakan Prancis yang sepertinya mudah dikerjakan. Hmm~ jadi tertarik buat mencoba salah satu resep.
Sayangnya masih cukup banyak typo dalam novel ini. Kebanyakan berupa dobel penulisan kata. Seperti kata: "yang yang", "tidak tidak", dll.

Overall, Haute Heart yang ringan cukup enak dinikmati dan bisa dipilih menjadi bacaan yang menyenangkan. Selamat terpikat dalam lezatnya menu-menu Prancis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon