Kamis, 24 November 2016

[Booktour: Review & Title Interpretation] (Never) Looking Back - Elvira Natali

Judul Buku: (Never) Looking Back
Penulis: Elvira Natali
Editor: Tesara Rafiantika
Desainer sampul: Agung Nugroho
Penerbit: Gagas Media
Tahun terbit: 2016
Tebal buku: 272 halaman
ISBN: 978-979-780-867-9



BLURB

"Aku ingin melihatmu bahagia, tetapi bersamaku. Hanya bersamaku."

Casta selalu yakin, seterjal apa pun jalannya, impian harus bisa dicapai. Karena itulah, ia meninggalkan Jakarta, meninggalkan cinta, untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang desainer di Paris. Ia terbiasa hidup seorang diri, tak terlalu memedulikan jika hatinya sepi.

Namun, pertemuan tak sengaja dengan Phillip Bouvier, seorang seniman pasir, membuatnya sadar bahwa ia tak bisa selamanya sendiri. Kepada Casta, laki-laki yang pernah kehilangan itu menemukan kembali kepercayaan akan cinta. Mereka saling mengisi kekosongan yang lama menggelayut di hati.

Ternyata, cinta tak selalu seperti dongeng. Orang dari masa lalu Casta hadir kembali dan meninggalkan jejak yang tak mungkin terhapus. Casta tak ingin melepaskan genggaman Phillip. Namun, ia juga tahu, ketidaksempurnaannya telah meninggalkan luka mendalam bagi lelaki itu. Sama sepertimu, Casta dan Phillip juga membutuhkan seseorang yang mendekap hatinya. Keduanya tak pernah bisa menerka akhir mana yang terbaik untuk mereka.


RESENSI

Dunia seakan ada di genggaman Casta saat ini. Betapa tidak, ia yang seorang yatim piatu, yang berangkat ke Paris untuk menimba ilmu sebagai desainer melalui beasiswa, kini telah menjadi salah satu desainer top papan atas di Paris. Puncaknya adalah ketika ia menjadi opener dalam Paris Fashion Week dan namanya diberitakan di mana-mana.
Ketika pikirannya buntu, Casta memutuskan pergi ke London untuk mencari inspirasi. Tak disangka, insiden kecerobohan kecil membawanya berkenalan dengan Phillip Bouvier. Meski perkenalan awal mereka kurang menyenangkan, tapi itu tak mencegah niat mereka untuk bertemu lagi, lagi dan lagi. Hingga mereka saling mendalami apa yang mereka simpan dalam hati masing-masing.
Namun, tiba-tiba saja, pria dari masa lalu Casta muncul. Adalah Kevin, seorang pembalap F1 top dunia yang merupakan teman dan mantan kekasih Casta. Pertemuan kembali itu membawa nostalgia yang ternyata kebablasan.
Ketika hati Casta mantap memilih, ia mendapati konsekuensi dari perbuatan sembrononya. Casta terjebak dilema. Apakah ia bisa mempercayai Phillip dan menyerahkan hatinya? Ataukah ia harus meminta pertanggungjawaban Kevin dan mengingkari degup jantungnya?

********

(Never) Looking Back merupakan novel yang ringan dan mudah dibaca. Membaca novel ini menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk mengisi waktu yang cukup luang. Ini juga menjadi kali pertama saya membaca karya Elvira Natalia dan saya lumayan menikmatinya.
Dibuka dengan prolog tujuh tahun sebelumnya, membuat benak saya dibuat bertanya-bertanya sepanjang melahap habis novel ini. Akan seperti apa hubungan Casta dan Kevin setelah mereka terpisah jarak dan waktu. Namun, meskipun pada akhirnya saya mendapatkan jawabannya toh tetap saja masih ada banyak pertanyaan tak terpuaskan di benak saya.

Novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Membuat saya dengan gamblang merasakan apa yang dirasa oleh para tokohnya. Kadang saya ikut kesal, ikut bingung dan ikut geleng-geleng mengikuti polah Casta. Temponya begitu cepat dan banyak lompatan waktu yang kentara. Ini membuat saya mudah terhanyut dan terbawa hingga tanpa sadar telah tiba di akhir kisah. Deskripsi, narasi dan dialognya berimbang dengan takaran yang pas. Walau masih kurang mendetail dalam bangunan setting waktu dan latarnya, tapi jalinan kisahnya sendiri sudah menyita rasa penasaran saya.

Dalam (Never) Looking Back, Casta merupakan heroine yang disebutkan mandiri, ceria dan kuat. Ia begitu fokus pada cita-citanya dan berusaha melakukan yang terbaik. Namun kesempurnaan pribadi itu remuk ketika ia bertemua Phillip. Casta mulai berani bergantung. Saya rasa ini sweet. Bergantung bukan berarti perempuan jadi melemah, bergantung berarti perempuan semakin kuat terutama dalam hal mempercayai. Apalagi kalau pria itu seperti Phillip, yang meski rela melakukan apa saja demi Casta tapi masih mrnggunakan logikanya. Mereka pasangan yang manis dan chemistrynya lumayan asyik.

TITLE INTERPRETATION

Membaca judul novel ini mau nggak mau saya cukup berpikir keras. Saya sering mendapati kata yang dikurung di beberapa judul novel dan selalu sulit paham. Hahaha.. Tapi mari saya kupas berdasar judul keseluruhannya: Never Looking Back.

Bisakah kita benar-benar meninggalkan masa lalu di belakang kita tanpa pernah menengoknya lagi?
Saya sendiri merasa nggak mungkin. Entah kenangan manis atau pahit, saya perlu mengintip sejenak ke masa lalu untuk pembelajaran diri. Sudah tepatkah langkah saya? Sudah kuatkah saya dari hari kemarin? Sudah sebaik apa saya dibanding waktu lalu?
Dan seperti itulah Casta dan Phillip. Ada kenangan pahit di masa lalu yang menghancurkan hati mereka, tapi toh hal itu menjadi cambuk bagi mereka untuk bangkit dan meraih masa depan yang lebih bahagia. Menatap ke belakang, memetik pelajaran dan kemudian mengikhlaskan, itulah yang dilakukan Casta dan Phillip sehingga mereka semakin tenang menapaki masa depan mereka masing-masing.
(Never) Looking Back membuat saya mengerti, nggak ada yang salah dengan masa lalu, nggak ada yang salah dengan menatap ke belakang sejenak untuk menyadari bahwa betapa kuatnya kita sekarang.

******GIVEAWAY TIME*******



Bagaimana? Sudah membaca review dan tittle interpretation saya? Sudah cukup penasaran dan mupeng abis sama novel unyu satu ini?
Nah buat kalian, saya akan membagikan satu eksemplar novel (Never) Looking Back untuk satu orang pemenang.

Syaratnya mudah saja seperti biasa ya:

1. Peserta adalah warga negara Indonesia atau memiliki alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow akun twitter @elpignutt, @Gagasmedia dan @KendengPanali, kemudian share info GA ini dengan mention ke akun kami berempat dan jangan lupa sertakan hashtag #NeverLookingBack

3. Boleh banget kalau mau follow blog ini via email, G+ atau GFC yang bisa dilihat di bagian samping postingan ini. (Optional saja dan nggak memaksa).

4. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar dengan menyebutkan nama | akun twitter | domisili | alamat email. Dan pertanyaannya adalah:

Apa arti masa lalu bagimu?

5. Giveaway akan berlangsung selama lima hari dan ditutup pada tanggal  28 November 2016 pukul 23.59 WIB.

6. Jika ada pertanyaan, jangan segan colek saya di akun saya, ya. Good luck :))

*********UPDATE*******

Halooo... Lima hari sudah berlalu, dan pastinya giveaway (Never) Looking Back. Terima kasih untuk semua peserta yang sudah ikut memeriahkan book tour ini. Kalian luar biasa. Masa lalu membuat kalian kuat, sama seperti Casta dalam novel ini.
Tanpa perlu panjang lebar lagi, sekarang saya mau mengumumkan satu orang pemenang yang beruntung mendapatkan satu eksemplar (Never) Looking Back dan dia adalah......



 Bety Kusumawardhani
@bety_19930114


Selamat kepada pemenang!!! Saya tunggu data alamat lengkap dan nomor telepon kamu via email saya nurinawidiani84(at)gmail(dot)com paling lambat dalam 2 x 24 jam.

Bagi yang belum beruntung jangan sedih yaa... Masih ada kesempatan mendapatkan novel ini di host yang lain :)


41 komentar:

lyza affra mengatakan...

Nama: Nurhaliza
Twitter: @lyzaaffra
Domisili: Aceh
Email: lyzaaffra@yahoo.com

Arti masa lalu bagi saya sebagai pelajaran yang paling berharga, saya belajar dari masa lalu untuk terus lebih baik kedepannya, tanpa masa lalu maka tidak mungkin ada hari ini, esok dan masa yang akan datang. Jadi masa lalu itu sangat berharga bagi saya, hal yang tidak bisa kuulangi ada dimasa lalu

Retno Maulidiyah mengatakan...

Nama: Retno Maulidiyah
Twitter: @retnomauli08
Domisili: jember
Email: retnomauli1@gmail.com

Apa arti masa lalu bagimu?? Bagiku masa lalu adalah sejarah, sebuah kenangan yang pernah ku alami dan gak mungkin kembali atau terjadi lagi, hanya bisa dikenang dan sebagai pembelajaran hidup untuk masa depan. Terkadang masa lalu juga harus dilupakan. Masa lalu yg menyakitkan dan memalukan yg membuat kita tdk ingin mengingatnya lagi. Dan menurutku jangan berpedoman pada masa lalu cukup biarkan masa lalu berlalu.. dan kita harus melihat kedpn. #NeverLookingBack 👍

Elsita Fransiska Mokodompit mengatakan...

Elsita F. Mokodompit
@sitasiska95
Gorontalo
elsitafransiska[et]gmail[dot]com

Masa lalu mungkin adalah satu-satunya hal yang abadi di dunia ini. Sekeras apapun kita mencoba, kita takkan pernah bisa membunuh atau menghapusnya. Keberadaannya membentuk apa kita hari ini, beberapa kita syukuri, beberapa kita sesali, beberapa kadang tidak berarti. Masa lalu menyimpan sejuta kenangan yang tempatnya bersemayam dalam ingatan. Memberikan kita pelajaran dan adalah bahan renungan terbaik yang kita miliki. Nasihatnya melebihi kata bijak dari motivator manapun

ROHAINA LILIS mengatakan...

Nama: Rohaenah
Twitter: @rohaenah1
Domisili: Jakarta
Email: rohainalilis@gmail.com
Jawaban: masa lalu adalah sedetik waktu yg telah terlewati. Masa lalu tak akan pernah bisa kembali, dan tak bisa kita pegang wujudnya karena masa lalu merupakan bayang yg telah lewat. Masa lalu biarlah berlalu, jangan sampai disesali berlarut-larut dan membuat kita terpaku. Jadikan pelajaran berharga untuk kita melangkah ke masa depan.

Lina Ernawati mengatakan...

Nama: Lina Ernawati
Twitter: @Linaernaw
Domisili: Tangerang
Email: linaernawati10@gmail.com

masa lalu bagi saya adalah sejarah yang tidak bisa saya gapai kembali, jika ada satu moment dari masa lalu saya yang ingin saya ulang kembali, itu tidak akan mungkin. dan tidak ada gunanya menyesali sesuatu yang pernah terjadi di masa lalu.
Mengenang masa lalu boleh saja, asal tidak menghambat masa depanmu. Jadi berhati-hati dan bijaksanalah kalian dalam menjalani kehidupan di masa yang akan datang, karena masa depan kita pasti akan menjadi masa lalu kita nanti.

Kiki RizRyeo mengatakan...

Nama: Rizki Fitriani
twitter: @Kikii_Rye
domisili: Sidoarjo
email: Kikiryeo(at)gmail(dot)com

jawaban:
Masa lalu bagi saya adalah sebuah history yg tidak dapt diulang. pengalaman yg sangat berkesan dan dpt saya jadikan pembelajaran untuk melangkah kedepannya.
Masa lalu erat kaitannya dg masa sekarang, tanpa masa lalu saya tidak ada sekarang. masa lalu merupakan kenangan yg selalu terpatri dlm hidup.

Masa lalu juga merupakan sejarah hidup saya dlm melewati masa yg suram maupun terang. masa lalu saya jadikan tonggak untuk menuntun saya ketika mengambil keputusan dimasa sekarang maupun masa yg akan datang. pengalaman yg mengajarkan saya agar lebih berhati hati dalam mengambil keputusan utk menjalani hidup.

Bety Kusumawardhani mengatakan...

Nama: Bety Kusumawardhani
Akun twitter: @bety_19930114
Domisili: Surakarta
Alamat email: aki.no.melody@gmail.com

Arti masa lalu buatku adalah history, shadow and mirror. Masa lalu merupakan sejarah hidup yg tidak bisa berubah, sebuah bayangan yang terus mengikuti langkah pemiliknya, sebuah cermin untuk memperbaiki kesalahan agar hidup menjadi lebih baik dengan tidak mengulangi kesalahan yg sama.

Dia hadir di dalam hidup seseorang bukan tanpa alasan. Dia ada sebagai gambaran sebuah kenangan entah itu kenangan menyenangkan atau menyedihkan dan sebagai pengalaman hidup yang sangat berharga. Masa kini adalah refleksi masa lalu, masa depan adalah refleksi masa kini. Kegagalan ataupun keberhasilan masa lalu seseorang bukanlah sebuah realita untuk saat ini, dia hanya cerita yang telah berlalu namun semua itu akan menjadikan orang tersebut nenjadi lebih bijaksana lagi untuk menjalani kehidupan saat ini dan saat yg akan datang.

Insan Gumelar Ciptaning Gusti mengatakan...

nama: insan gumelar ciptaning gusti| akun twitter: @san_fairydevil | domisili: surakarta | alamat email: alamadt_saya@yahoo.com

Dan pertanyaannya adalah:

Apa arti masa lalu bagimu?

Pembelajaran. Sebuah pembelajaran yang akan membantu kita menangangi masalah dengan lebih bijak dari sebelumnya. Tapi sesuatu yang juga harus dilupakan. Masa lalu itu bagaikan kaca sepion. Sesekali kita perlu melirik sekilas ke belakang. Hanga melirik tanpa melihat. Karena kalo kita terlalu lama melirik bahkan melihat kebelakang. Kita tidak pernah tahu dengan kejutan yang ada di depan. Sebab yang harus kita lihat adalah yang di depan. Itu kenapa mata kita ada di depan bukannya di belakang.

Rahma Nissa mengatakan...

Nama : rahma nisa cahaya islami
Twiiter : @rahmaaaNC
Email : nissarahma3@gmail.com
Domisili : cirebon

masalalu hanya sebuah kenangan semata dan banyak pula yang bangga akan masalalunya tersebut. hal tersebut adalah pendapat dari diri sendiri. masalalu itu hal-hal yang telah saya lewati dan saya rasakan. masalalu yang suram maupun menyenangkan di buat sebagai bahan dari motivasinya. akan tetapi orang yang gampang menyerah mereka malah menjadikan masalalunya sebagai penghalang atau beban yang memberhentikan langkahnya. disini saya punya satu kata bijak “masalalu adalah motivasi” itulah kata bijak yang lahir langsung dari hati saya. kenapa demikian karena masalalu saya yang kurang beruntung atau banyak sekali kekurangan saya jadikan sebuah motivasi atau motivator pembangkit semangat saya untuk berubah dari yang serba kekurangn menjadi serba kecukupan. itu lah arti masa lalu buat saya.

Rahma Nissa mengatakan...

Nama : rahma nisa cahaya islami
Twiiter : @rahmaaaNC
Email : nissarahma3@gmail.com
Domisili : cirebon

masalalu hanya sebuah kenangan semata dan banyak pula yang bangga akan masalalunya tersebut. hal tersebut adalah pendapat dari diri sendiri. masalalu itu hal-hal yang telah saya lewati dan saya rasakan. masalalu yang suram maupun menyenangkan di buat sebagai bahan dari motivasinya. akan tetapi orang yang gampang menyerah mereka malah menjadikan masalalunya sebagai penghalang atau beban yang memberhentikan langkahnya. disini saya punya satu kata bijak “masalalu adalah motivasi” itulah kata bijak yang lahir langsung dari hati saya. kenapa demikian karena masalalu saya yang kurang beruntung atau banyak sekali kekurangan saya jadikan sebuah motivasi atau motivator pembangkit semangat saya untuk berubah dari yang serba kekurangn menjadi serba kecukupan. itu lah arti masa lalu buat saya.

aimatul latifah mengatakan...

Nama: A'imatul Latifah
Akun twitter: @Aim_La27
Domisili: Tuban
Email: aimatullatifah27@gmail.com

Masalalu? Menurut aku masalalu itu ibarat sebuah buku yang telah di tulisi banyak huruf dengan pulpen disetiap lembarannya. Buku melambangkan kehidupan dan tulisan didalam setiap lembar itu melambangkan masalah atau kejadian-kejadian yang telah kita lewati sebelumnya. Terukir tebal, tidak bisa kita hapus, tetapi sesekali kita bisa melihat dan membacanya kembali saat kita menemui masalah yang sama untuk mengambil pelajaran, agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bukankah belajar itu bisa dari mana saja?! Pun dengan masalalu yang tanpa sadar telah mengajarkan kita untuk menjadi lebih dewasa. Masalalu jelek, masalalu bahagia, atau, semua masalalu-masalalu lainnya yang sebenarnya selalu menyimpan rahasia dan sejuta hikmah di baliknya.

Ifah Zhiigo mengatakan...

nama : Ifah
twitter : @zhiigo
domisili : bekasi
email : zhiigo90[at]gmail.com


Masa lalu buatku adalah alasan kita ada saat ini. Keberadaan dan keadaan kita sekarang adalah hasil dari masa lalu kita.

Seperti kaca spion yang harus sesekali dilihat sebagai penuntun arah supaya lebih berhati-hati, tetapi tidak boleh terus menerus sebagai panutan karena kita punya harapan didepan untuk maju

Masa lalu ibarat suluh, penerang untuk masa depan. Apa yang pernah terjadi, bukan untuk dibuang begitu saja. Tetapi gunakan dalam keputusan saat ini. Karena saat ini pun akan menjadi masa lalu yang menentukan masa depan.

khaerun nisa mengatakan...

Nama : Khaerunnisa
twitter: NhisaMinoz75
Domisili: Kolaka, Sulawesi Tenggara.
E-mail: khaerunnisa0198[at]gmail[dot]com
Jawaban. Masalalu adalah kisah yang ada dalam diri seseorang, yang mana didalamnya terdapat 2 kisah yaitu manis dan pahit. Kisah manis untuk dikenang dan kisah pahit dijadikan pembelajaran.

nunaalia 79 mengatakan...

Aulia | @nunaalia | Serang | auliyati.online[at]gmail[dot]com

Apa arti masa lalu bagimu?

Arti masa lalu bagiku adalah pengalaman hidup yg penuh pembelajaran. Dari masa lalu aku belajar akan hal yg baik dan buruk, juga hal yg benar dan salah. Kesalahan yg pernah dilakukan memberikan pelajaran untuk tidak mengulangnya lagi di masa datang. Keberhasilan yg pernah diraih menjadi cambuk untuk mendapatkan/berbuat hal yg lebih baik lagi.

She Spica mengatakan...

Diah P
@She_Spica
Bekasi
shedetective.coolkid@gmail.com

Masa lalu adalah kenangan yang penuh pembelajaran hingga membentuk jati diri kita hari ini. Kita yg ada sekarang adalah hasil dari perjuangan2 yg kita lakukan di masa silam. Baik itu masa lalu yang buruk mau pun sebaliknya memiliki porsi masing2 untuk kita belajar hidup mnjadi orang yg lebih baik lagi di masa depan.

She Spica mengatakan...

Diah P
@She_Spica
Bekasi
shedetective.coolkid@gmail.com

Masa lalu adalah kenangan yang penuh pembelajaran hingga membentuk jati diri kita hari ini. Kita yg ada sekarang adalah hasil dari perjuangan2 yg kita lakukan di masa silam. Baik itu masa lalu yang buruk mau pun sebaliknya memiliki porsi masing2 untuk kita belajar hidup mnjadi orang yg lebih baik lagi di masa depan.

Imron Wong mengatakan...

Imron Fhatoni
@imronfhatoniwk
Mataram, Nusa Tenggara Barat
Imronfhatoni94@gmail.com

Jawaban:
Di mata saya, masa lalu adalah pupuk yang menggemburkan kehidupan saya sekarang. Setiap mdetik yang terlewatkan di masa-masa silam akan menjadi jamu yang menyembuhkan penyakit kita di kemudian hari. Masa lalu adalah embun kesejekun yang senantiasa menuntun langkah kita untuk menjadi yang lebih baik. Saya belajar banyak dari masa lalu. Masa lalu adalah guru setiap manusia.

Humaira Balfas mengatakan...

Humaira | @RaaChoco | Purwakarta | humairabalfas5@gmail.com


Apa arti masa lalu bagimu?


Bagiku masa lalu adalah kenangan, pelajaran berharga dan salah satu guru terbaik dalam hidupku.

Bagiku masa lalu seperti bibit yang aku tanam dan baru aku tuai saat ini, jadi apa yang terjadi padaku saat ini adalah buah yang aku petik atas segala perbuatan yang aku lakukan dulu. Yang kujadikan pengalaman, pelajaran berharga dan bahan introspeksi diri agar jadi manusia yang lebih baik lagi untukku, hidupku dan orang-orang yang aku sayangi.

Seburuk apapun masa lalu takkan pernah bisa dihapus, hanya jadikan itu sebagai pelajaran yang tak ternilai harganya. Karena pengalaman adalah guru terbaik kehidupan.

Tanya Fransisca mengatakan...

nama : tanya fransisca
twitter : tanyafcsh_
domisili : tangerang
email : tanya28fransisca@gmail.com

masa lalu itu detik yg sudah berlalu
bahkan saat kau selesai membaca kalimat di saat itu berarti detik itu sudah berlalu dan itu sudah menjadi masa lalu

masa lalu seperti anak tangga yang jatuh tiap kali kita selesai menapakinya krn terlalu mudah jatuh maka laluilah tiap anak dgn penuh kesungguhan

laluilah tiap hidup kita dengan sungguh2 sehingga tiap masa lalu yg ada tidak jadi penyesalan

Yirza Yirza mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yirza Yirza mengatakan...

Nama : Nurhidayah
twitter : Yhayii_
Domisili : Makassar
Email : Biologiyhayi@yahoo.com

MASA LALU..?
Masa lalu itu ibarat cermin yg merefleksikan atau menggambarkan bagaimana kita hari ini. So, baik buruknya kita hari ini adalah kita yg terbentuk dari masa lalu kita.

Salimah Isnaini mengatakan...

Nama: Salimah Isnaini Azzahroh
Twitter: @salimah_IA
Domisili: Surakarta
E-mail: salimah.isnaini[at]gmail[dot]com
Jawaban:

Masa lalu bagiku adalah pelajaran hidup. Jika mempunyai masa lalu yang kelam, maka sebisa mungkin dengan sekuat tenaga membuat masa depan yang cerah, terlepas dari kekelaman itu.
Lalu jika sudah mempunyai masa lalu yang indah, maka jadikan masa depan itu lebih baik dari apa yang sudah terjadi, atau setidaknya pertahankan lah. Seperti saat kita belajar pelajaran Sejarah. Apabila sejarah mencatat kita mempunyai suatu masa dimana bangsa ini benar-benar mengalami keterpurukan, nah, bagaimana caranya kita sebagai generasi penerus bangsa membuat sejarah indah yang tak akan terlupa oleh generasi kita selanjutnya. Sebaliknya, jika sejarah telah mencatat bahwa kita mempunyai masa-masa kejayaan, nah, bagaimana pula kita bisa mempertahankan kejayaan itu tetap ada dan berkembang :))

Nur Ainhy mengatakan...

Nama: Ainhy Edelweiss
Twitter: @PrinceesAinhy
Email: nuraeniamir7@gmail.com
Domisili: Makassar

Jawaban:
Bagiku, masa lalu ibarat dua mata pisah yang memiliki sisi berbeda. Satu sisi ia tajam, di sisi lain ia tumpul.

Gak semua masa lalu, itu baik. Ada orang yang memiliki masa lalu yg kelam. Dari masa lalu, seseorang bisa mendapat pelajaran berharga, dari masa lalu pula, seseorang mengalami trauma yg berat.

Masa lalu bisa menjadi sahabat sekaligus musuh. Tergantung apa masa lalu yg pnh di alami. Apakah itu baik atau buruk.

Pada akhirnya, kitalah yg mengambil kendali atas masa lalu. Mengakhiri masa lalu dengan menjadikannya sebuah pelajaran dan renungan.

Thanks :)

fuja sagita mengatakan...

nama : Fuja Sagita
akun twitter : @fujasagita_45
domisili : Garut
alamat email : fujasagita@gmail.com

Apa arti masa lalu bagimu?

Sebenarnya masa lalu mempunyai arti yang ambigu. Tapi, bagiku masa lalu adalah sebuah masa dimana aku tidak akan pernah bisa kembali merasakan masa lalu itu. Namun di balik masa lalu tersebut, aku bisa mendapatkan banyak pelajaran melalui kesalahan maupun kebaikan yang pernah aku buat. Bagiku masa lalu adalah sebuah tolok ukur yang akan mencerminkan diri ku yang sebenarnya. Masa lalu itu cerminan diri aku, jadi kalau seandainya masa lalu aku banyak melakukan kesalahan maka aku harus memperbaikinya di cermin masa depan. Namun, jika aku melakukan kebaikan, makan aku harus meningkatkan kebaikan tersebut di cermin masa depan. Karena pada nyatanya, masa lalu pernah jadi masa depan di masa yang sangat lalu.

link share: https://twitter.com/fujasagita_45/status/802428656236662784

Ice Mocca mengatakan...

Vadia Rahman Salsabila
@Vadiamendes98
vadiaswft89@gmail.com
Sukabumi

Apa arti masa lalu bagimu?

Jawaban :

Bagiku, masa lalu itu kadang hanyalah sebuah waktu yang terlanjur berlalu dan tidak bisa diulang kembali, dan juga seperti sebuah kenangan yang ditinggalkan untuk bisa diingat di masa depan.
Tapi masa lalu juga bisa jadi sebuah pengajaran berharga untuk aku menjalani hidup ke depannya. Masa lalu mengajarkan itu untuk tidak melakukan hal yang sama dalam hal kesalahan ataupun untuk selalu melakukan sesuatu yang lebih dalam hal yang baik. Masa lalu juga adalah waktu yang tidak bisa dilupakan ataupun dipaksakan untuk diubah, masa lalu ada untuk diingat lalu dijadikan sebuah pembelajaran.

Ice Mocca mengatakan...

Vadia Rahman Salsabila
@Vadiamendes98
vadiaswft89@gmail.com
Sukabumi

Apa arti masa lalu bagimu?

Jawaban :

Bagiku, masa lalu itu kadang hanyalah sebuah waktu yang terlanjur berlalu dan tidak bisa diulang kembali yang bisa meninggalkan penyesalan ataupun kerinduan ingn mengulangnya kembali, dan juga seperti sebuah kenangan yang ditinggalkan untuk bisa diingat di masa depan.
Tapi masa lalu juga bisa jadi sebuah pengajaran berharga untuk aku menjalani hidup ke depannya, memberiku contoh-contoh agar bisa punya jawaban terbaik di masa depan.
Masa lalu itu mengajarkan kita untuk tidak melakukan hal yang sama dalam hal kesalahan ataupun untuk selalu melakukan sesuatu yang lebih dalam hal yang baik. Masa lalu juga adalah waktu yang tidak bisa dilupakan ataupun dipaksakan untuk diubah, karena masa lalu ada untuk diingat lalu diambil sebuah hikmah darinya.

Rizkytria Octasiana mengatakan...

Nama: Rizky Tria Octasiana
Twitter: @Octannow_
email: rizkytria98@gmail.com
domisili: Brebes, Jawa Tengah

Arti masalalu bagiku?
“Masa Lalu”, kata yang sering menghantui namun juga sering memanjakan. Hidup adalah bentangan kisah yang tersusun dalam perjalanan waktu yang selalu menghadirkan beragam peristiwa pada tiap manusia, karena itulah masa lalu tercipta. Paket dari masa lalu itu sendiri ada kisah pilu dan kisah bahagia, keduanya sama-sama memiliki predikat 'kenangan'.
Masa lalu bukan hanya sekedar kenangan, melainkan sebuah pembelajaran berharga. Masa lalu itu ibarat sebuah cermin, artinya 'boleh' saja menengok masa lalu yang buruk sebagai pembelajaran, tetapi 'jangan' pernah menengok kembali masa lalu sebagai sesuatu yang akan kita ulangi di masa depan. Intinya sih jangan melakukan kesalahan yang sama.
Nah untuk masa lalu yang membahagiakan, cukup hanya dengan bersyukur dan mengenangnya saja. Kenapa? Ya itu, karna di masa itu pernah diselimuti oleh bahagia. Tersenyumlah, dan jadikanlah kenangan itu sebagai potret kehidupan.

Tri Widi Wati mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Tri Widi Wati mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
yohana siallagan mengatakan...

Yohana/ @MrsSiallagan/Siantar/yohanasiallagan23@gmail.com

Arti masa lalu adalah sebuah sejarh hidup yang tak akan pernah terlupakan. Masa lalu ibarat guru yang memberikan pelajaran berharga sehingga apapun kesalahan dimasa lalu tidak akan terulang di masa depan. Masa lalu tinggal masa lalu. Dia memang pernah menjadi bagian hidup saja. Tetapi semua orang berhak untuk hidup bahagia. Saya tentu akan bercermin dari masa lalu saya untuk selalu belajar di masa depan.

Ana Bahtera mengatakan...

Nama: Ana bahtera
Twitter: @anabahtera
Email: anabahtera@yahoo.co.id
Domisili: Aceh
Arti masa lalu?
Masa lalu itu bagai cermin yang jelas memantulkan kebodohan & ketidakpahaman kita sehingga menimbulkan masalah2 yang seiring berjalan waktu baru dapat kita selesaikan dan akhirnya membuat masalah itu sbg pelajaran berharga bagi kita.

Dwi Larasati88 mengatakan...

nama : Dwi Larasati
akun twitter : @DwiLarasati88
domisili : Depok, Jawa Barat
alamat email : dwilarasati88@gmail.com
Apa arti masa lalu bagimu?

Bagiku masa lalu itu adalah hal yang telah terjadi di waktu lampau yang tak mungkin terulang kembali, bisa sesuatu yang selalu ingin dikenang atau dilupakan. tapi kejadian itu tak akan pernah bisa dirubah hanya bisa dingat dan dipelajari untuk melakukan yang terbaik dimasa yang akan datang.

rini virgo mengatakan...

Rinita | @Rinitavyy
| Jatim | rinivir90@gmail.com

Apa arti masa lalu bagimu?

Masa lalu itu ibarat rantai kalung mutiara yang kuat dan tidak mudah putus pengaitnya. Biar jaman silih berganti, hingga semodern apapun zaman, yang namanya masa lalu akan tetap hidup sebagai history dan mengikat siapun yang menjadi pemain dalam scenarionya. Tetap mengaitkan, meski si 'pemain' berusaha memutuskannya. Tetap kuat tersimpan di memory, meski si 'pemain' berusaha menghapus ingatannya. Dan, begitu pula aku, meskipun aku pernah mengalami masa lalu yang situasinya kurang mengenakkan pun. Realitanya, Masa lalu itu sulit sekali untuk aku lupakan. Tidak mudah. Seberapa keras aku mengelak, Masa lalu memang tempatnya adalah di simpan dan tidak terlupakan. Satu lagi, bagiku masa lalu itu tempat dimana aku bisa belajar, yang menjadikanku kuat, yang menjadikan aku bisa lebih berhati-hati mengambil keputusan agar kesalahan masa lalu tidak terulang kembali di masa sekarang. Hanya itu yang dapat aku lalukan demi memperbaiki masa lalu. Dengan belajar dari pengalaman yang ada.

Fira Fita mengatakan...

Nama : Syafira Rofita Riski
Twitter : @rofita_syafira
Domisili : Kediri, Jawa Timur
Alamat Email : firafita76@gmail.com

Pertanyaan : Apa arti masa lalu bagimu?

Jawaban :

Bismillah,
Arti masa lalu? Menurutku masa lalu itu sebuah pelajaran. Andaikan aja, kalau kita baca novel, yang mana si tokoh utama itu kita sendiri. Pasti ada beberapa perilaku kita yang sebenarnya tidak pantas dilakukan, lebih mementingkan diri kita, bisa jadi sampai menyakiti hati orang lain. Waktu baca kalimat perkalimat yang menyangkut hal-hal yang kita sadari tidak perlu bahkan tidak seharusnya terjadi, kita pasti mengerutkan kening, berfikir, seharusnya itu tidak perlu terjadi.

Sama seperti masa lalu, garis besarnya adalah pembelajaran untuk kita menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Kita biasanya tidak akan sadar kalau hanya dengan mendengarkan, diberi masukan, dan lainnya. Masa lalu bagiku merupakan contoh atau penerapan awal untuk kita membangun tingkah laku yang lebih baik. Dimasa lalu pula, kita sadar tentang manis pahitnya kehidupan, dan lebih siap untuk menata masa depan.

Sekian 

Veni Nur Agustin mengatakan...

Nama : Veni Nur Agustin
Twitter : @VeniNurA
Domisili : Pangandaran~Jawa Barat
Email : veninuragustin16@gmail.com

Well, apa arti masa lalu bagi saya? Menurut saya masa lalu itu bahan pembelajaran. Bukan untuk disesali atau di lupakan namun jadi bahan pembelajaran untuk membuat kita semangat untuk menjadi lebih baik lagi di masa depan. Itu arti masa lalu bagi saya

Ajeng Yps mengatakan...

nama : ajeng yps
akun twitter : @ajengyps
domisili : majalengka
alamat email : ajengyps@gmail.com
- - -
Masa lalu bagi saya adalah segelintir kenangan yang membekas. Baik itu kenangan yang menyenangkan, mengharukan, menyedihkan, bahkan menyakitkan. Yang jelas dari masa lalu inilah kita dapat melihat, seberapa jauh jarak yang telah kita tempuh untuk melewati rintangan hidup dan bertahan demi masa depan yang lebih baik.

HAIDAROH SHOLEH mengatakan...

Nama: haidaroh sholeh
Domisili: Sidoarjo
Twitter: @haidarohsholeh
Email: haidarohsholeh@gmail.com

Masa lalu adalah pelajaran berharga bagi hidup kita. Tanpa adanya masa lalu tak akan ada kehidupan saat ini.
Dengan menganggap masa lalu sebagai pelajaran berharga, kita akan bisa menghargai kisah - kisah di masa lalu. Baik itu indah atau menyakitkan. Dan masa lalu itu membentuk dalam sebuah buku bernama pengalaman.

Pengalaman adalah sesuatu yang dialami diri sendiri, semua itu dingat dikenang dan dijadikan pelajaran. Diceritakan untuk menjadi hikmah bagi orang lain.

Dengan menganggap masa lalu sebagai pelajaran, kita jadi tahu betapa menarik hidup ini. Dan menatap masa kini dan masa depan dengan penuh kebaikan, berharap tidak terjadi di masa kini dan masa depan yaitu kesalahan atau kealpaan di masa lalu.

Dengan masa lalu dianggap sebagai pelajaran berharga, pasti di masa kini setiap individu berjanji untuk berhati hati dalam menjalani hidup, demi kebaikan dalam hidup.

Terima kasih.

HAIDAROH SHOLEH mengatakan...

Link share: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/803215798642671616

wawha cuza mengatakan...

Nama: Nurwahidah

Akun twitter: @wawha_cuza

Domisili: Medan

Alamat email: wawcuz@gmail.com

Masa lalu adalah pembelajaran bagiku. Banyak hal yang terjadi di masa lalu dan mungkin jadi penyesalan, namun hidup terus bergerak maju, jadi walaupun aku merasa sedih, aku harus move on dan menghindari untuk mengulangi kesalahan yang sama.

Rini Cipta Rahayu mengatakan...

Rini Cipta Rahayu | @rinicipta | Karangasem, Bali | rinspiration95@gmail.com

Aku memaknai masa lalu sebagai masa menjadi diriku. Aku yang sekarang adalah aku yang terbentuk melalui perwujudan dari segala pilihan hidup yang aku pilih di masa lalu. Karakter seseorang biasanya terbentuk melalui kebiasaan (pengulangan) kejadian dan pengalaman. Aku belajar banyak dari hal-hal yang pernah aku lalui, aku menentukan sikap untuk memperbaiki kesalahan maupun mempertahankan yang sudah benar. Bagaimanapun masa laluku dulu, aku bersyukur bisa melaluinya dengan baik dan bisa menjadikannya tuntunan bagi masa depan nanti. Masa lalu selalu mengingatkanku untuk selalu berubah dan berbenah :)

Lynn Lenie mengatakan...

Leny | @Lynlainy17 | Rantau, Kalimantan Selatan | lynnlenie7@gmail.com

Bagiku masa lalu adalah sebuah pembelajaran. Pembelajaran yang membuat kita semakin dewasa, pembelajaran yang membuat kita bisa lebih baik lagi kedepannya. Kita semua pasti punya masa lalu, yang entah baik atau tidak. Dengan adanya masa lalu (kejadian di masa lalu yang pernah dialami) kita jadi belajar. Karena tanpa adanya masa lalu, tidak akan ada hari ini dan besok (masa depan).

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon