Minggu, 26 Juni 2016

[Resensi] All You Need is Love - Fakhrisina Amalia

Judul buku: All You Need is Love
Penulis: Fakhrisina Amalia
Editor: Tri Saputra Sakti
Desain sampul: Orkha Creative
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2015
Tebal buku: 240 halaman
ISBN: 978-602-03-1803-5



BLURB

Ketika hubungannya dengan Aiden berakhir, tanpa pikir panjang Katrina mengiyakan ajakan mamanya untuk terbang ke kampung halaman mereka di Skotlandia. Di negara yang indah itu Katrina berharap bisa melupakan kesedihannya.

Untuk pertama kali Katrina bertemu dengan keluarga besarnya. Ia mempunyai sepupu jauh yang tampan bernama Mac. Namun, entah kenapa Istas—kakak perempuan Mac—memusuhinya, tanpa Katrina tahu dimana letak kesalahannya. Tapi itu tidak menghentikan Katrina untuk semakin dekat dengan Mac.

Dan ternyata Skotlandia menyimpan misteri masa lalu yang tidak terduga. Tidak hanya indah, ada rahasia tersembunyi tentang Katrina di negara itu, juga tentang cerita cinta berlapis kota legenda! 


RESENSI

Untuk pertama kalinya akhirnya Katrina menginjak tanah kelahiran sang mama, Skotlandia. Sejak kecil tak sekalipun Katrina diajak mengunjungi Granny dan Grandpa-nya, karena menurut mama keluarga sang kakek tidak menyukai mereka. Tapi kini Katrina bisa mengunjungi Skotlandia karena Granny sakit. Apalagi Mama memang sengaja mengajak Katrina yang sedang patah hati karena baru saja putus dengan Aiden.
Setiba di Inverness, Katrina dan keluarganya disambut oleh Mac, sepupu Katrina yang seusia dengan Katrina. Bahkan setiba di rumah Granny, Katrina mendapat sambutan hangat dari paman dan bibinya. Namun betapa kagetnya Katrina saat Istas, kakak Mac, terlihat jelas-jelas membencinya. Dengan kasar, Istas menolak mrngakui Katrina sebagai sepupu dan menolak kehadiran gadis itu.
Kini tiba saatnya bagi Katrina untuk menerima rahasia masa lalu. Menyingkap alasan mengapa Istar memusuhinya, mengapa warna mata Mama dan Katrina tidak sebiru anggota keluarga yang lain, dan apa arti jarak bagi hubungan sepasang kekasih.

----------------------------

"Ada banyak cinta yang harus musnah, bukan karena nggak diperjuangkan, tapi memang karena nggak ada lagi yang bisa dilakukan. Selagi bisa, selagi cinta itu masih ada, berusahalah." (hlm. 171-172)


Saya paling nggak bisa nolak membaca novel yang di dalamnya terkandung rahasia masa lalu. Dan novel All You Need is Love benar-benar penuh kemisteriusan yang menarik untuk disingkap. Satu lagi novel young adult yang jadi favorit saya.

Saya suka banget dengan bab pembukanya. Cara bertutur Fakhrisina langsung memancing rasa penasaran saya dan membuat saya seketika menghabiskan novel ini dalam sekali duduk. Pun ketika memasuki bab tentang Aiden saya dibuat meleleh dengan betapa manis, santun dan gentle-nya Aiden. Beneran ada nggak sih cowok kuliahan yang kalimatnya langsung bisa memikat hati seorang ibu? Kalau saya punya anak cewek, sumpah deh, bakal saya simpen Aiden buat jadi menantu saya :p
Tapiiii... sayangnya saya rada sebel sama Katrina yang langsung memilih putus daripada melakukan LDR tanpa mau mencoba dulu. Alasannya rada kekanakan sih menurut saya, kecuali kalau dia pernah trauma dikhianati pas LDR, mungkin masih bisa saya terima. Tapi kalau sama sekali belum pernah mencoba dan sudah berpikir kalau hubungan itu nggak akan berhasil, bikin gondok kan ya jadinya. Mana sedikit gengsian pula. Hiih!! Gemes banget!
Cuma kesalnya nggak lama sih karena penggambaran setting tempatnya asyik banget. Saya seakan benar-benar bisa menikmati kecantikan Skotlandia selama membaca novel ini.

Menarik sekali saat Fakhrisina memasukkan mitos tentang Brigadoon di dalam novel ini. Sebuah desa yang muncul atau terlihat manusia sekali dalam seratus tahun. Aura mistis nan eksotisnya dapet banget. Sayangnya saat kisah Brigadoon ini muncul adalah kurun waktu tahun 1954 saat Granny bertunangan dengan Grandpa, di situ saya merasa cerita berjalan kaku dan dialognya nggak mengalir.
Lalu saya mulai berhitung, jika tahun 1954 adalah saat Granny melihat Brigadoon dan menikah dengan Grandpa, kemungkinan mama Katrina lahir setahun kemudian, berarti mamanya Katrina lahir tahun 1955 dong? Itu berarti saat ini mama Katrina udah umur 60 tahun? Iya nggak sih.. duh saya jadi bingung.

Dan sebenarnya saya merasa Katrina yang kemudian juga menemukan Brigadoon itu agak maksa. Menurut saya kalau mitosnya memang muncul 100 tahun sekali ya biarlah tetap 100 tahun sekali. Jadi bisa saja jadi epilog di tahun 2054... atau 39 tahun kemudian. Kan malah seru ya kalau Katrina yang udah tua ketemu Kyle yang masih muda. Kkk~

Tapi secara keseluruhan saya suka dengan ide cerita dan gaya bertutur Fakhrisina. Kalau kamu sedang bimbang tentang status hubunganmu yang terancam LDR, novel ini layak dibaca, cobain deh ;)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon