Senin, 12 September 2016

[Resensi] Nenek, Kakek, dan Aku - Arleen A

Judul buku: Grandma, Grandpa and Me (Nenek, Kakek, dan Aku)
Penulis: Arleen A
Ilustrator: Herlina Kartaatmadja, Sisca Anggraeni, Adlina, Lenny Wen, Maria Arum, Linny Wibisono, EorG, Natassya Siregar, Natasya Christiani Ray, Jackson
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: Agustus 2016
Tebal buku: 208 halaman



BLURB

Tahukah kamu bahwa nenekku punya sepasang sarung tangan ajaib? Apakah kamu pernah dengar tentang switer tua yang dapat digunakan untuk apa saja? Apakah benar-benar ada tempat di mana kau dapat meminjam cucu? Dan apa yang akan kau lakukan bila ada sekelompok mahluk luar angkasa yang datang untuk menculik nenekmu? Kamu dapat membaca cerita-cerita itu dan lebih banyak lagi di dalam buku yang berjudul Kakek, Nenek dan Aku ini.

Anak-anak yang masih memiliki kakek dan nenek sangatlah beruntung. Mereka tumbuh tidak hanya dengan kasih orang tua, tapi dengan dikelilingi lebih banyak orang yang rela melakukan apapun demi mereka. Buku ini berisi sepuluh kisah yang mengabadikan saat-saat indah yang dialami anak-anak dengan kakek dan nenek mereka, saat-saat yang pasti akan membekas di dalam hati mereka. Buku ini adalah bentuk apresiasi terhadap kakek dan nenek di mana pun juga, dan adalah sebuah momento peringatan bagi mereka yang sudah meninggalkan kita.


RESENSI

Grandma's Magic Gloves

Sejak Mama mendapat pekerjaan baru, Aku selalu ditemani Nenek setiap siangnya. Kata Nenek, beliau akan memberi Aku sesuatu yang ajaib, tapi ternyata benda ajaib itu hanyalah sebuah sarung tangan berkebun yang kotor. Lalu apa yang ajaib dari sarung tangan itu?

Grandpa's Magic Oven

Ketika makan siang Aku melihat bekal milik seorang teman yang berupa kue kering nan cantik. Sang teman berkata kalau ia membuatnya bersama sang ibu dengan oven besar dan memiliki banyak tombol. Aku pun pulang dan minta dibelikan oven besar. Tapi Kakek punya pendapat lain. Kakek punya oven ajaib yang bisa menghasilkan kue kering yang sama lezatnya. Hmm... seperti apakah oven ajaib Kakek?

My Grandparents are NOT Retirees

Kedua orangtua Aku adalah seorang akuntan, mereka berusaha terlihat menarik padahal sebenarnya tidak. Justru Kakek dan Nenek Akulah yang menarik. Mereka punya benda-benda istimewa dan kegiatan istimewa yang mencurigakan. Aku yakin mereka bukanlah pensiunan seperti yang mereka akui. Lalu siapa mereka menurut Aku?

The Music Box

Aku mendapat tugas untuk membawa benda penting milik Kakek atau Nenek. Saat Aku menemui Kakek untuk meminjam salah satu benda milik Kakek yang keren, Kakek membawa Aku ke rumah lamanya dan mencari benda terkeren. Kira-kira benda apa itu? Dan apa kerennya benda tersebut?

Grandpa's Sweater

Bagi Aku, sweater Kakek adalah benda paling penting. Sweater itu selalu berbau seperti Kakek. Dan sweater itu telah menjadi segalanya bagi Aku, sejak ia lahir. Dan saat tiba waktunya untuk pergi belajar, apa ya kira-kira yang Kakek berikan sebagai hadiah kenang-kenangan?

A Borrowed Granddaughter

Aku tinggal berjauhan dengan Kakek dan Nenek. Tapi bagi Aku mungkin itu yang terbaik karena menurut teman-teman, Kakek dan Nenek itu suka memerintah. Namun suatu hari, orangtua Aku harus bertugas ke luar kota dan menitipkan Aku kepada sepasang Kakek dan Nenek tetangga mereka. Bagaimana kesan Aku selama menjadi cucu pinjaman?

Kidnapped!

Aku diculik sepulang dari sekolah! Tapi anehnya ibu guru membiarkan saja aku diculik. Apakah ibu guru sudah dihipnotis? Namun wanita tua yang menculik Aku ini bersikap aneh tapi mungkin saja ia punya tujuan tertentu. Lalu bisakah Aku pulang dengan selamat?

My Grandpa and Me

Ketika Aku kecil, Kakek adalah orang yang seru. Beliau tinggal di pegunungan dan mengajak Aku melakukan hal-hal seru. Kakek dan Aku selalu bersenang-senang. Tapi ketika Aku besar, Kakek sudah tak selincah dulu lagi.
Jadi bisakah Kakek dan Aku tetap bersenang-senang?

Grandparent's Day at School

Di sekolah Aku setiap bulan selalu diadakan Hari Orangtua. Pada hari itu seorang ayah atau ibu akan datang ke kelas dan menceritakan pekerjaannya. Bulan ini adalah giliran orangtua Aku. Tapi Ayah dan Ibu sama-sama sibuk. Jadi Kakek dan Nenek yang menggantikan untuk datang. Tapi bisakah Kakek dan Nenek terlihat keren di depan kelas dan membuat teman-teman jadi kagum?

The Foos

Di masa lalu, ada sebuah planet yang ditinggali para Foo. Mereka terlahir dari debu bintang dan memiliki hati yang baik. Suatu hari mereka mencari pemimpin di Bumi. Kira-kira pemimpin seperti apa yang bisa memimpin dan membuat mereka bahagia?

--------------------------------

Kemarin tanggal 11 September 2016 di Amerika Serikat dirayakan sebagai National Grandparents Day. Hari untuk merayakan cinta, suka cita dan keseruan bersama kakek dan nenek. Kehadiran seorang kakek atau seorang nenek atau bahkan keduanya benar-benar anugerah dalam kehidupan seorang anak. Dan bertepatan dengan moment itu, buku anak Grandma, Grandpa and Me atau Nenek, Kakek dan Aku menjadi karya yang pas untuk dibaca bersama anak-anak.

Buku ini berisi sepuluh kisah tentang kakek dan nenek. Sembilan diantaranya diceritakan melalui sudut pandang orang pertama yaitu dari sisi anak-anak. Tentang apa yang mereka rasakan terhadap kakek dan nenek mereka, tentang betapa serunya kehidupan mereka karena kehadiran kakek dan nenek. Semuanya diceritakan dengan lugas dan nggak jauh berbeda dengan keseharian anak-anak. Sehingga mudah sekali bagi anak-anak untuk terkoneksi dengan cerita-cerita di dalam buku ini. 
Tokohnya sendiri adalah anak-anak laki-laki dan perempuan, yang sedang bersekolah di taman kanak-kanak. Mereka begitu ceria, penuh rasa ingin tahu dan memiliki pola pikir yang unik, khas anak-anak. Saya suka dengan kesemua tokohnya. Mereka benar-benar lucu dan menggemaskan.

Ada sepuluh ilustrator yang membuat buku ini semakin kece dan semarak. Kesepuluh ilustrator ini punya gaya masing-masing yang khas, namun kesemuanya sungguh keren. Gambarnya penuh detail, pewarnaan dan gradasinya lembut dan menonjolkan kesan yang manis. Namun yang paling saya suka adalah ilustrasi dari Lenny Wen. Bagus banget.

Cerita yang paling menyentuh saya adalah Grandpa's Sweater. Ceritanya sungguh menyentuh dan menghangatkan. Paling mengingatkan saya kepada kakek dan nenek. Beberapa orang memang beruntung mendapatkan seorang kakek seperti dalam kisah ini. Tapi mungkin ada juga yang memiliki kakek yang kaku dan menjaga jarak. Tapi bagaimana pun, setiap kakek pasti memiliki rasa sayang yang besar terhadap cucunya. Hanya berbeda saja cara menunjukkannya.
Kemudian cerita yang paling disukai anak-anak saya adalah Kidnapped! Ahahaha membacakan cerita ini kepada anak-anak sungguh seru. Dan lebih seru lagi menjawab pertanyaan mereka. Entah anak saya yang terlalu polos atau memang daya imajinasinya kurang dahsyat, ia menelan mentah-mentah alur kisah ini dan kesulitan memahami twistnya. Dan ketika akhirnya paham ia tertawa keras dan bilang ingin diculik juga. Waduh! ^^
Tapi kisah ini benar-benar memberinya inspirasi untuk bermain peran.

Cerita menarik lainnya bagi saya adalah cerita kedua, Grandpa's Magic Oven. Yang menarik adalah, lupakan deh tentang nenek yang suka memasak dan selalu beraroma seperti kue. Dalam cerita ini, Kakeklah yang menemani cucunya memasak dan seru-seruan di dapur. Saya suka cerita ini terutama karena anak-anak saya memang suka di dapur. Mungkin dalam keluarga kecil kami, sayalah yang paling bloon dan payah di dapur. Suami dan anak-anak saya selalu punya waktu untuk bersenang-senang di dapur. Tentunya akan lebih seru lagi kalau nanti lain kali kakek pun bisa bergabung bersama mereka.

Grandma, Grandpa and Me merupakan buku anak yang luar biasa menarik. Gaya bertuturnya lugas, kalimatnya sederhana sehingga mudah dibaca sendiri dan dipahami oleh anak-anak. Arleen A memang pendongeng yang hebat. Buku ini full colour dengan kualitas kertas yang bagus dan juga bilingual. Jadi bisa sekalian untuk belajar apalagi bagi anak-anak saya yang Bahasa Inggris adalah bahasa nomer sekian setelah Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan Bahasa Upin-Ipin. Oh iya ada game seru pula di akhir buku ini, anak-anak benar-benar suka dengan bonus game-nya. Kisah-kisah dalam buku ini benar-benar seru dan membuat saya kangen pada kakek dan nenek. Yah akhirnya... Happy Grandparents Day!

Untuk para orangtua dapatkan the Official Grandma, Grandpa, and Me Activity E-book DI SINI, selamat bersenang-senang dengan putra-putri tersayang :))


0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon