Sabtu, 02 April 2016

[Posbar] Stolen Songbird - Danielle L Jensen

Judul buku: Stolen Songbird
Sub judul: Negeri Troll yang Hilang
Penulis: Danielle L Jensen
Penerjemah: Nadya Andwiani
Penyunting: Mery Riansyah
Proofreader: Lucy Riu
Pewajah sampul: Defi Lesmawan
Pewajah isi: Yhogi Yordhan
Penerbit: Fantasious
Tahun terbit: Oktober 2014
Tebal buku: 496 halaman



BLURB

Apa troll merasakan hal yang sama dengan manusia? Apa troll mengenal kesedihan, kemarahan, atau kebahagiaan? Bisakah troll mencintai troll lain? Atau apakah batin mereka sedingin batu yang mengubur mereka di bawahnya?

Cécile de Troyes mengira masa depannya ada di panggung-panggung megah di Trianon. Dia yakin kariernya sebagai penyanyi bersuara merdu akan cemerlang begitu dia meninggalkan Goshawk's Hollow. Namun, hal tak terduga menyergapnya, menyeretnya ke sebuah negeri yang selama ini hanya pernah didengarnya dari dongeng lama. Tak ada mimpi seburuk membuka mata dan menyadari bahwa ia diculik ke sebuah kota yang terkubur di bawah reruntuhan gunung. Kota yang dipenuhi oleh makhluk... troll.

Kaum troll mengira Cécile bisa menjadi salah satu kunci melenyapkan kutukan penyihir yang melingkupi Kota Trollus selama lima abad. Kutukan yang membuat mereka tak mampu keluar dari kungkungan Gunung Terlupakan. Kutukan yang membuatnya terikat dengan pangeran troll angkuh bernama Tristan. Dia pikir hidupnya lebih baik berakhir, sampai ketika dia mulai menyadari rahasia-rahasia terselubung yang ada di kota itu. Cécile sadar, jika dia melibatkan diri lebih jauh dengan segala intrik kaum troll, semua tak akan pernah sama lagi. Namun, terkadang, harus ada yang melakukan hal yang tak terbayangkan.

Mampukah Cécile bertahan dan menguak rahasia negeri troll? Kau pikir kau sudah tahu tentang kau troll? Tunggu sampai kau menyelesaikan petualangan ini.


RESENSI

Cécile de Troyes sedang dalam perjalanan pulang seusai menyelesaikan latihan menyanyinya, ketika di tengah jalan ia dihadang Luc. Rupanya Luc berniat menculiknya dan menyerahkannya kepada seseorang... atau sesuatu. Firasat Cécile semakin buruk saat ia harus merangkak menyusuri labirin Gunung Terlupakan, dikejar sluag hingga perjalanan mereka berakhir di Trollus, kota yang hilang yang penuh dengan troll.
Ternyata ia diculik dan dibawa ke Trollus untuk dipertalikan dengan sang pangeran kerajaan troll bernama Tristan. Kaum troll menganggap pertaliannya dengan Tristan akan dapat menghapuskan kutukan yang dialami bangsa troll selama berabad-abad.
Cécile berusaha melawan, berusaha kabur tapi ternyata tak ada jalan keluar. Akhirnya mau tak mau ia harus mendekam di Trollus dan menemukan intrik-intrik politik bangsa troll. Bukan hanya itu saja, semakin lama ia merasa semakin dekat dengan Tristan dan jatuh cinta.

-----------------

Stolen Songbird saya pilih sebagai buku yang saya baca untuk event posbar BBI bulan Maret 2016, walau pada kenyataannya setelah selesai membaca saya buntu juga menuliskan reviewnya. Bahkan ini sudah terlewat beberapa hari dari waktu yang ditentukan untuk mereview. *pundung*
Buku ini saya dapat dari sesama member BBI, dedek Raafian hasil menang kuis di twitternya. Meski mengidam-idamkan buku ini, ternyata cukup susah bagi saya menyelesaikan Stolen Songbird. Sigh.




Sebenarnya saya suka dengan premisnya, saya nggak pernah bosan dengan kisah perjodohan terpaksa semacam ini, hanya saja bagi saya lama-lama novel ini nggak terasa menarik lagi.
Pertama karena Cécile mudah diprovokasi, nggak bisa berpikir logis dan drama banget. Saya jadi... sebel. Hahaha... apalagi saat dia memutuskan masuk ke labirin dan akhirnya membahayakan nyawa Tristan. Hmm~ meski pada akhirnya ia berhasil menemukan kekuatan sihir yang dimilikinya, tetap saja saya merasa drama banget.
Yang kedua, Tristan ini punya keanehan sedikit saja nggak sih? Sebagai bangsa troll, paling enggak ada dong keanehan kecil... atau saya melewatkannya? Yaah seganteng-gantengnya pangeran troll dia kan troll murni, saya pikir harusnya ada keunikannya. Kenapa Tristan harus dibuat sempurna? Kenapaaa? *ikutan deramak*
Sedangkan untuk tokoh favorit, saya malah suka Marc, meski buruk rupa tapi saya suka ketenangan dan kelembutannya.

Novel ini cukup detail dalam membangun kontruksi negeri troll dan kekuatan bangsa troll. Saya suka dengan imajinasi yang diperkenalkan Danielle L Jensen, seru rasanya menyusuri kota Trollus dan menemukan makhluk-makhluk luar biasa. Dari segi ini saya merasa tertarik dan terpesona.

Novel ini menggunakan POV orang pertama dari sisi Cécile dan Tristan. Hanya saja lebih banyak dalam porsi Cécile, sementara porsi Tristan hanya sedikit. Alurnya mengalir maju dan lumayan lambat. Terlalu banyak intrik yang membuat saya bingung... dan bosan. Tapi mungkin ini juga karena saya memang nggak menyukai intrik politik. :p

Saat ini saya sedang menimbang-nimbang haruskah saya melanjutkan membaca lanjutan novel ini, The Hidden Huntress. Meski penasaran, tapi saya masih merasa lelah seusai membaca Stolen Songbird.


TEBAR-TEBAR QUOTE

"Tak ada yang tak bisa dicapai oleh sedikit kekuatan kehendak." (hlm. 6)

"Aku hanya berpikir bagaimana terkadang keberuntungan menemukan kita di saat kita tidak begitu mengharapkannya." (hlm. 9-10)

Tindakan bekerja lebih keras dari kata-kata. (hlm. 124)

Beberapa makhluk sebaiknya tetap berada di kurungan mereka. (hlm. 146)

"Aku belajar bahwa keberanian dan pertimbangan yang bijaksana jarang bisa berdampingan." (hlm. 227)

"Seorang bijak pernah menulis bahwa kebenaran yang diucapkan mungkin bukan kebenaran yang kaupikir kau dengar." (hlm. 356)


3 komentar:

Dion Yulianto mengatakan...

Hooh, Tristan itu kurang ngetrol untuk sesosok trol wkwkwk

Kendengpanali.blogspot.com mengatakan...

Nah iya kan Masdi.. paling enggak kasih keunikan satu ajalah. Punya tanduk misalnya. Wkwkwk~

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon