Selasa, 05 Januari 2016

[Resensi: Lamaran Pernikahan - Julie James] Usaha Sidney Menemukan Mr. Right


Judul buku: Lamaran Pernikahan
Judul asli: It Happened One Wedding
Penulis: Julie James
Alih bahasa: Yunita Chandra
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun terbit: 2015
Tebal buku: 470 halaman
ISBN: 978-602-02-6192-8



BLURB

Setelah pertunangannya berakhir dengan memalukan, Sidney Sinclair sang bankir investasi muak dengan para pria yang tidak ingin berkomitmen jangka panjang. Tapi ketika adiknya bertunangan, Sidney berhubungan dekat dengan Vaughn Roberts, tipe pria playboy seksi yang ingin dihindarinya.

Sesuatu yang dimulai dengan pertengkaran kini berakhir dengan permainan hati yang tidak bisa diabaikan....


REVIEW

Sidney Sinclair merasa putus asa saat teman kencannya di kedai kopi yang ia temukan di situs kencan online tak sesuai harapan. Pria itu terlalu banyak bicara. Saat itulah seorang pria tampan dengan kepercayaan diri yang tinggi mendatangi mejanya dan merayunya. Sayangnya di mata Sidney, pria itu sama dengan mantan tunangannya dulu: pria anti komitmen. Sidney pun menolaknya.
Sidney terburu-buru karena telah berjanji akan menemui adiknya, Isabelle, dan kekasih adiknya, Simon, di Restoran. Tapi siapa sangka kalau ia akan bertemu lagi dengan pria playboy perayu tadi dan diperkenalkan pada pria itu yang ternyata adalah kakak Simon. Mimpi buruk pun menjelang saat Isabelle dan Simon mengumumkan mereka akan menikah. Itu artinya Sidney akan selalu bertemu dengan Vaughn sebagai pasangan pengiring pengantin wanita dan pengantin pria.
Seiring berjalannya waktu yang mereka habiskan bersama, Sidney pun menyadari pesona Vaughn yang sulit ditolak. Alasannya membenci Vaughn ternyata tak sekuat hasrat yang ditimbulkan pria itu.
Saat mereka akhirnya bersama benarkah itu hanya hubungan saling menguntungkan tanpa ikatan?

------------

Julie James selalu jadi penulis favorit saya. Bukan hanya karena gaya berceritanya yang fresh dan menarik tapi juga karena bobot isi di dalamnya. Julie James nggak pernah setengah-tengah dalam pengkarakteran tokohnya. Terutama dengan detail profesi tokohnya.

Dalam novel ini Sidney adalah bankir investasi yang pindah ke Chicago dan beralih profesi menjadi direktur sebuah firma ekuitas, sementara Vaughn adalah agen FBI khusus kejahatan kerah putih. Profesi yang penggambarannya bukan hanya sekedar tempelan tapi juga berkembang dalam novel ini.

Saya suka sinisme dan sarkasme Sidney yang dilempar ke Vaughn dan bagaimana kalemnya Vaughn menanggapinya. Interaksi mereka kocak dan asyik. Aaah... saya cinta banget sama mereka berdua. Dialognya seru dan menghibur. Adegan panasnya juga hot banget. XD
Yang paling menggelikan adalah saat Sidney dan Vaughn saling berbalas pesan singkat membahas kencan yang dilakoni Sidney untuk mencari Mr. Right. Lucuuu banget.
Sementara adegan paling manis adalah saat Vaughn melacak sahabat ibu Sidney hanya demi membahagiakan Sidney. Haduuuh... sweet deh.

Sayangnya saya lebih suka kaver edisi aslinya. Karena Vaughn dan Sidney dalam bayangan saya nggak mirip sama sekali dengan pria dan wanita di kaver ini.
Penerjemahannya bagus dan minim typo. Tapi saya mencatat di halaman 111 ketika Vaughn, Simon, Sidney dan Isabelle tiba di rumah orangtua Vaughn, disebutkan Kathleen akan menyiapkan makan malam.

Setelah itu, Kathleen berjalan ke dapur untuk menyelesaikan persiapan makan malam, sementara Simon mengajak Sidney dan Isabelle melakukan tur singkat di rumah. (hlm. 111)

Namun nggak lama kemudian diceritakan Sidney memilih membantu Kathleen untuk menyiapkan makan siang.

"Aku akan melihat apakah ibumu membutuhkan bantuan menyiapkan makan siang." (hlm. 111-112)

Entah ini kesalahan penerjemahan atau kesalahan penulisan dari Julie James sendiri.

Overall, It Happened One Wedding adalah novel yang seru tentang seorang wanita lajang tigapuluhan yang menginginkan komitmen tapi malah bertemu dan jatuh cinta pada pria antikomitmen. Novel yang seru, menghibur dan.... aww~ panaaas!! :))

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon