Kamis, 06 Oktober 2016

[Wawancara & Giveaway] The Girl on Paper



Sejauh ini Penerbit Spring selalu menghadirkan novel-novel yang populer dan nggak pernah mengecewakan pembacanya. Karya-karya yang diterjemahkan dan diterbitkan termasuk karya penulis top. Maka keputusan Penerbit Spring menerbitkan The Girl on Paper tentunya bikin saya bertanya-tanya. Tentunya karena ini adalah novel dari penulis Prancis yang belum pernah saya dengar gaungnya.

Jadi berikut adalah hasil kepo saya terhadap Penerbit Spring atas keputusannya menerjemahkan dan mempersembahkan novel ini kepada pembaca di Indonesia...


1. Bagaimanakah proses penerjemahan novel The Girl on Paper ini? Apakah lebih sulit dari menerjemahkan novel bahasa Inggris?

Kebetulan salah satu penerjemah bahasa Inggris kami adalah penerjemah bahasa Prancis juga. Sehingga tidak terlalu ada kesulitan.

Woooww... Menjura pada Kak Yudith Listiandri. Penerjemahannya baguuus ^^


2. Dari mana dan bagaimana Penerbit Spring mengenal Guillaume Musso?

Kami tahu Guillaume Muso saat berkunjung ke Seoul Book Fair tahun 2012. Saat itu di toko buku di Seoul, buku dari penulis ini sedang menjadi best seller di sana. Akhirnya kami mencari informasi mengenai hal ini dan tertarik dengan buku-bukunya.

Hmm~ lama juga ya, dari tahun 2012 lho pendekatannya untuk membawa novel ini ke Indonesia. Hidup Penerbit Spring!!!


3. Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerbitkan The Girl on Paper?

Untuk menerbitkannya sebenarnya tidak terlalu lama. Sejak mulai diterjemahkan sampai terbit memakan waktu 4-5 bulan.

Hehe.. cepet ya prosesnya. Benar-benar on fire nih dapur Spring 😁

4. Yang terakhir bisakah Penerbit Spring menggambarkan novel Girl on Paper dalam dua kata?

Seru dan tak terduga

Yap setuju!! Memang seru banget dan twistnya tak terduga. πŸ˜‰


Nah setelah menyimak wawancara saya dengan Penerbit Spring, sekarang waktunya saya untuk membagikan satu eksemplar novel The Girl on Paper buat kalian yang beruntung.
Caranya mudah kok:

1. Peserta adalah warga negara Indonesia atau punya alamat pengiriman di Indonesia.

2. Follow akun twitter @PenerbitSpring dan akun twitter saya @KendengPanali

3. Share giveaway ini ke medsos kalian dengan hashtag #TheGirlOnPaperGA dan jangan lupa untuk mention akun kami berdua.

4. Boleh banget kalau mau memfollow blog ini via email, G+ atau GFC yang bisa diklik di bagian bawah blog (optional saja ya).

5. Baca dulu review The Girl on Paper di sini.

6. Jawab pertanyaan dari saya di kolom komentar di bawah ini disertai Nama | akun twitter | alamat email. Dan pertanyaannya adalah:

Jika kalian ada di situasi yang mirip dengan Tom, siapa tokoh fiksi yang kalian inginkan terjatuh dari buku dan muncul di hadapan kalian? Dan apa alasannya? Dengan catatan: tokoh fiksi tersebut haruslah tokoh dalam novel terbitan Haru, Spring atau Inari, yaa~

7. Giveaway akan berlangsung selama sepekan, dan akan ditutup tanggal 14 Oktober 2016 pukul 23.59 WIB.
Jika masih ada pertanyaan jangan segan colek saya di twitter, ok?

8. Yang terakhir, good luck ^^

*********UPDATE********

Akhirnya selesai sudah giveaway The Girl On Paper. Terima kasih saya ucapkan pada seluruh peserta yang telah ikut meramaikan giveaway ini. Pasti seru membayangkan karakter favorit bisa muncul di hadapan kita.

Dan karena jawaban teman-teman bagus semua, saya pun meminta bantuan mr. random untuk memilihkan pemenang. Dan ini dia yang beruntung mendapatkan The Girl on Paper:



Selamat untuk Prilla Mutia (@prillamutia2)

Saya tunggu konfirmasi data diri dan alamat kamu di email saya nurinawidiani84(at)gmail(dot)com paling lambat 2x24 jam ya.

Bagi yang belum beruntung jangan sedih. Masih ada novel Penerbit Haru, You Are My Moon yang akan hadir di blog ini, nantikan yaa~

48 komentar:

Terry Irawan 3 mengatakan...

Nama : Tri
Twitter : @tewtri
E-mail : triwahyuni.irawan3@gmail.com

Give me Xie Yu. Give me Xie Yu. Give me Xie Yu, please. Jika saya ada diposisi yang mirip Tom, yang saya harapkan untuk jatuh dari buku dan hadir di hidup saya itu Xie Yu dari The Stolen Years-nya Haru. Saya nggak berkeinginan buat bersaing sama Mbak He Man tapi Xie Yu memang yang paling saya harapkan. Dia tipikal yang ngertiin wanita sekali walaupun suka minderan dan raguan. Namun, dia punya satu kelebihan;sabarnya juara. Caranya merawat orang lain adalah poin favorit saya. Duh, asik sekali kalau bisa dirawat sama dia juga πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Semut Simud mengatakan...

Nama : Bidayatul Khoiriyah
Akun twitter : @iry3424
Alamat email : bidayatul.ria17@gmail.com

Jika saya mengalami hal yang sama dengan tom maka saya menginginkan
Shiraishi Itsumi, dia adalah seseorang yang berambisi kuat dan keras kepala. Itsumi adalah seorang yang sempurna, bisa berbuat apapun agar keinginannya terpenuhi. Jika Itsumi benar" keluar dari novel, dia akan bisa menyukai orang baru yang lebih tampan dari Hojo sensei dan Itsumi akan mencari partner lain serta tokoh pembantu yang lebih hebat dibanding dalam cerita. Dan akan terdapat cerita lain saat yami nabe; Itsumi yang akan menang.

bzee mengatakan...

Nama : bzee
Twitter : bzee_why
Email : busy_mail125@yahoo.com

Ga bisa jawab pertanyaannya karena belum pernah baca dari penerbit2 itu. Awalnya memang ga tertarik karena pilihan bukunya bukan seleraku, tapi khusus buku ini kok kayanya menarik. Tapi aku maunya gratisan, yaa, siapa tahu setelah ini bisa jadi pelanggan penerbit Spring :))

bzee mengatakan...

Nama : bzee
Twitter : bzee_why
Email : busy_mail125@yahoo.com

Ga bisa jawab pertanyaannya karena belum pernah baca dari penerbit2 itu. Awalnya memang ga tertarik karena pilihan bukunya bukan seleraku, tapi khusus buku ini kok kayanya menarik. Tapi aku maunya gratisan, yaa, siapa tahu setelah ini bisa jadi pelanggan penerbit Spring :))

Unknown mengatakan...

Nama: Rohaenah
Twitter: @rohaenah1
Email: rohainalilis@gmail.com
Jawaban: yg ingin ada dihadapan saya Juntharakan. Secara dia anak keluarga bangsawan,masih muda,tampan, tentunya kaya dan satu hal yg tak bisa dipisahkan masih lajang alias available😍. Udah gitu meskipun kaya dia tidak pernah merendahkan orang yg lebih rendah derajatnya. Berarti didikan keluarganya bagus ya,hari gini jarang orang seperti itu kebanyakan dari mereka biasanya sombong. Pokonya "male most wanted" deh.
Asal novel: You Are My Moon
Penerbit Haru

Eni Lestari mengatakan...

Eni Lestari | @dust_pain | shinra2588@yahoo.com

ehm, karena satu2nya novel haru yang kubaca cuma Khokkiri, maka aku akan milih tokoh Becca. alasannya karena aku belum pernah ketemu orang yang punya kepribadian ganda. pengin tau aja sih gimana kehidupan mereka sehari2, atau gimana ketika kepribadian lain tiba2 muncul. apa bakal kejang2 atau apa gitu (maklum kan gak pernah liat langsung) :p

Bety Kusumawardhani mengatakan...

Nama: Bety Kusumawardhani
Akun twitter: @bety_19930114
Email: aki.no.melody@gmail.com

Tokoh fiksi yang aku harapkan muncul di hadapanku yaitu Romeo Rashad dari The Chronicles of Audy, kenapa? Karena dia jago IT yang bisa dimintai bantuan membuat website untuk online shop, dia juga seorang hacker yang bisa membuka akun-akun media sosial siapapun, seorang gamer bisa jadi teman main PS atau adu keahlian di Timezone, dia orangnya asyik dijadiin teman nongkrong karena humoris dan gak kaku. Selain itu, aku ingin merasakan sensasi saat membantu mencuci rambutnya yang jarang tersentuh shampoo (penasaran ada kutu atau gak😁). Meskipun Romeo orang yang jorok dan berantakan tapi justru dia selalu mampu membuat nyaman orang di sekitarnya.

Ten Akatsuki mengatakan...

Ten Alten | @ten_alten | regulus_noel@yahoo.com

"Jika kalian ada di situasi yang mirip dengan Tom, siapa tokoh fiksi yang kalian inginkan terjatuh dari buku dan muncul di hadapan kalian? Dan apa alasannya?"

aku bingung kalau harus pilih.. X"D
antara Xie Yu di Stolen Years, Yoon Pyo di Cheeky Romance, atau Kim Geon Hyeong di 4 Ways to Get a Wife..

aku galauuuuuuu >w<

aku pengen Xie Yu yang baik hati dan sabarnya nggak ketulungan.. serasa dia punya pabrik sabar sendiri. seneng kalo aku bisa punya seseorang kek Xie Yu di sampingku.. karena aku orangnya gampang 'panas', orang" di sekitarku pada bilang kalau bisa aku dapet pasangan yang punya 'pabrik sabar', kayaknya Xie Yu cocok nih, kekeke~

aku juga pengen Yoon Pyo.. dia perhatian banget sama orang lain, secara dia itu dokter. dia terlalu baik yang terkadang bikin orang geregetan. kepribadianku sedikit mirip sama Yoo Chae, agak clumsy. dan aku butuh yang seperti Yoon Pyo, ehehe~

kalau Geon Hyeong, aku pengen dia ada di sini buat ada argumen. iya, adu argumen. dia kalau ngomong tajem banget, dan juga logis. buat aku yang suka ndebat orang, dia asyik buat diajak ribut, ahaha. dia juga nggak gampang kecantol sama cewek, ahaha.

iya, aku emang maruk. di tiap buku, aku pasti punya tokoh favorit yang kuharap bisa keluar dari buku... bisa nggak kalo tiga orang itu keluar dari buku bareng-bareng? ahaha XD

Nunaalia mengatakan...

Aulia | @nunaalia | auliyati.online@gmail.com

Jika kalian ada di situasi yang mirip dengan Tom, siapa tokoh fiksi yang kalian inginkan terjatuh dari buku dan muncul di hadapan kalian? Dan apa alasannya? Dengan catatan: tokoh fiksi tersebut haruslah tokoh dalam novel terbitan Haru, Spring atau Inari, yaa~

Cinder. Karena Cinder seorang cyborg yg ahli mekanik, pasti dia bisa benerin androidku yg rusak, sama seperti dia memperbaiki android Pangeran Kai, hanya bedanya androidku adalah smartphone heheee :D

Seru kali ya kalo Cinder beneran muncul, bisa belajar mekanik dari Cinder dan teknologi yg lebih canggih lagi. :D

Humaira mengatakan...

Humaira | @RaaChoco | humairabalfas5@gmail.com


Jika kalian ada di situasi yang mirip dengan Tom, siapa tokoh fiksi yang kalian inginkan terjatuh dari buku dan muncul di hadapan kalian? Dan apa alasannya? Dengan catatan: tokoh fiksi tersebut haruslah tokoh dalam novel terbitan Haru, Spring atau Inari, yaa~


Itoyama Luca, dari novel Haru - Then I Hate You So, Andry Setiawan.

Sebenernya ada banyak buku haru, tapi yang baru dibaca cuma itu :D

Itoyama Luca itu dingin dan seringkali ga peduli sama orang sekitar karena masa lalunya. Tapi, dia itu orangnya setia. Dari SMA sampe dia umur 26 tahun yang dicintainya cuma gadis itu, gadis yang hanya sebentar dipacari-nya. Yang terpisah jarak, kebencian dan kesalahpahaman. Tapi ia tetap mencintainya, meski ia tahu gadis itu yang telah berusaha untuk menghancurkan karier-nya, ia tetap mencintainya dan ingin selalu membuatnya bahagia meski bahagianya itu bukan bersamanya.

Duh co cweet, pesen atu dong yang kyk begini :p

Unknown mengatakan...

Rahma Nurul Khotimah | @rahmaa_chan | rahmanurul.khotimah@gmail.com

I want Hyeon Seongwoo-ssi! Selain dia punya kharisma sebagai seorang Direktur, Seongwoo punya sisi manis di mana ketika ia pertama kali tertarik dengan seorang wanita. Seongwoo mencerminkan seorang pria yang pada awalnya tidak tertarik untuk menikah, namun kemudian mendapati dirinya jatuh hati pada seorang wanita asing. Sosok Seongwoo, yang meskipun terlahir di keluarga konglomerat, sama sekali tidak memiliki sisi-sisi kearoganan, dia baik sama siapa saja. Bahkan untuk seorang wanita licik macam Inyoung pun dia maafkan :") Aaaah~ Seongwoo bener-bener sempurna. Seandainya punya kesempatan bertemu dengannya di dunia nyata...

Terima kasih atas kesempatan giveaway-nya Kak Nurina ^^ Dan sukses terus Penerbit Spring dan kawan-kawan dalam menerbitkan buku yang sangat awesome macam The Girl on Paper ini :D hehe.

Nurul Astri mengatakan...

nama: nurul astri
akun twitter: @nurulastrirmdn
alamat email: astristyles82@gmail.com

aku pengen yang jatuh dari buku itu adalah ben dari novel people like us! karakter ben yang menarik perhatian dan tampak menyebalkan membuat aku merasa kalau ben benar-benar ada di dunia nyata pasti hidupku akan lebih ramai lagi. egois, pengen menang sendiri, kata-katanya tajem, mungkin bakal bikin hidup aku nggak monoton! soalnya karakterku hampir sama kayak amy, datar-datar ajaπŸ˜‚

Unknown mengatakan...

Nama : Jawahirul Arifah
Akun twitter : @jawarifah
Email : djawakudus@gmail.com

Jawaban : tokoh fiksi yg ingin jatuh dari buku yaitu tokoh Cress dalam novel Cress The Lunar Chronicles karya Penerbit Spring. Kenapa si Cress, karna tokoh itu punya kekuatan ajaib, ceria dan bisa menemukan siapa aja. Selain itu, masa muda Cress keliatan bahagia bangeet, aku suku. Meskipun di masa dewasa ini Cress jadi diburu banyak orang. Karna dia penurut dalam melakukan tugasnya. Cress juga ikut tanggung jawab setelah tau tugas yang selama ini dilakukan merugikan orang lain.
Jadi, kalo tokoh Cress yg dari novel ada di dunia nyata, bisa membantu masalah masalah yang kuhadapi.

Unknown mengatakan...

Nama: Kiki Suarni
Twitter: @Kimol12
Email: kiki.mollys12@gmail.com

Jawaban:

Peter Kavinsky! Cowok fiksi yang paling cool karya Jenny Han. Pertama nyicip bukunya, aku langsung jatuh cinta sama Kang Peter ini. Love at the first sight gitu deh. Kumplit banget deh si Peter ini, ganteng, humoris, cool, kebayang deh kalo Peter jadi nyata wah...masalah apa pun kelar dah, hahahaa...terutama masalah hati :D

So, Peter Kavinsky! I want him so badly

Thank you

Deasy Dirgantari mengatakan...

Deasy Dirgantari
@deasyds
ddirgantaris(at)gmail(dot)com

Aku pengen si Lara Jean (dari To All The Boys I Loved Before) aja! Kalau ketimpa masalah seperti Tom gitu, tidak lain dan tidak bukan sebenarnya kita butuh curhat. Dan Lara Jean ini sepertinya asik banget diajak curhat. Setelah puas curhat, baru deh selesaiin masalahny dengan bantuan ide-ide gila dia.

Wish me luck!

Kitty mengatakan...

Kitty | @womomfey | kitty[dot]wibisono[at]gmail[dot]com
Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/784540484433612800


Wah! Asyik banget deh kalau seandainya aku bisa ketemu Iko [si android kesayangannya Cinder]. Aku akan bujuk dia untuk tinggal bersamaku. Pasti akan menyenangkan punya android yang cerewet namun sangat care seperti Iko. Selain itu, Iko pastinya akan sangat membantuku dalam melakukan banyak hal: sebut saja membantuku mengecek kerusakan pada mobil dan motorku (hehehe), menemani anak-anakku bermain disaat aku lagi ngantor, sampai membersihkan dan membereskan rumah. Hohoho.

uchylusiy mengatakan...

Nama : Lusi Gusma Ningsi
Twitter : @uchylusiy
E-mail : uchylusiy@gmail.com

Link Share : https://twitter.com/uchylusiy/status/784560575212843012

Jawaban :
Hmm dari awal baca novel terbitan Penerbit Haru, aku udah jatuh cinta sama Hu Joon si selebriti papan atas yang memiliki ribuan penggemar. Hahaha aku pengen banget ketemu sama idol Korea gitu. Penasaran aja gimana sama kehidupan mereka setelah jadi Idol. Kebetulan Hu Joon salah satu selebriti jadi kan kalau dia tiba-tiba keluar dari Novel truz ketemu sama aku kan bisa jawab sedikit rasa penasaran. hehehehe
Yaaa, siapa tau bisa sekalian dijadiin pacar. *NgayalKebangetan

Hu Joon dari novel So, I Married the Anti-Fan

Aimatul Latifah mengatakan...

Nama: A'imatul Latifah
Akun twitter: @Aim_La27
Email: Aimatullatifah27@gmail.com

Penasaran ya sama novel terbitan dari spring kali ini. Sudah baca review dari mbak Nurina juga. Ceritanya menarik ya. Terus kalau lihat dari reviewnya dan seandainya aku jadi Tom. Aku berharap "Yoon Pyo" yang akan terjatuh dari dalam buku. Kenapa? Tidak jauh-jauh. Melihat kondisi Tom yang udah frustasi parah sampai hidupnya bergantung pada obat penenang, dan lain-lain. Aku rasa Yoon pyo adalah tokoh yang tepat. Dengan jatuhnya Yoon pyo mungkin Yoon pyo bisa sedikit membantu mengobati ke frustasiannya karena dia memiliki sifat yang baik dan cenderung perhatian. Karena dia juga dokter, dia juga bisa membantu Tom untuk menghentikan kecanduannya pada obat-obatan. So, bukankah itu akan sangat membantu Tom? πŸ˜€

Elsita F mengatakan...

Nama: Elsita F. Mokodompit
Twitter: @sitasiska95
elsitafransiska@gmail.com
Kalo aku sih maunya Hades dari Purple Eyes. Alasannya, sederhana saja. Di purple eyes Hades sudah membantu Ivarr lewat kemunculan dirinya dan Solveig untuk membantu laki-laki bermata ungu itu menemukan kembali 'rasa yang hilanh dari hatinya'. Aku pikir mungkin Hades juga bisa membantu menuntaskan masalah Tom. Apalagi masalah laki2 ini tergolong sangat berat menurutku. Meski terkadang ekstrim dan seolah tidak berperasaan, metode yang digunakan Hades untuk Ivarr dimana dia bisa menemukan sendiri misteri yang ia cari, juga bisa bekerja untuk Tom. Sedikit 'bimbingan dari Hades' aku rasa akan sangat membantu.

Vena de mengatakan...

Nama : Vena Dwi
Twitter : @venadwim
Alamat : Tulungagung - Jatim

Aku pilih A Tuo :) karena A Tuo itu baik, santai, sederhana dan menyenangkan. Pastinya kalau aku sedang seperti Tom, aku butuh orang yang bisa membuatku sejenak melupakan masalah dan membantuku menyelesaikan masalah. Dan menurutku A Tuo adalah tokoh yang jatuh itu. Bukan hanya itu saja, sifat A Tuo yang aktif pastinya bisa menyemangati supaya tidak menyerah dengan keadaan, supaya mau menerima kenyataan dan bangkit untuk hidup yang lebih baik serta bangun dari keterpurukan.

She Spica mengatakan...

Nama: Diah P
Twitter: @She_Spica
Email: pujiawati747@gmail.com

Yang aku pingin banget ada di dunia nyata itu adalah telepon kuning tua milik ibu Georgie di novel LandLine karya penerbit Spring. Telepon yg bisa menghubungi seseorang di masa lalu kita dan merubah keadaan buruk yg terjadi di masa sekarang.
Saya sendiri pingin juga tokoh Georgie muncul di dunia nyata. Saya ingin belajar dari cara dia menyikapi masalah pelik dgn sang suami, yg awal mulanya terjebak dgn nostalgia dn menelepon suaminya ketika muda melalui telepon ajaib itu. Namun trnyata Georgie memiliki sikap dewasa yg logis untuk tidak brlarut2 menikmati masa lalunya yg sudah brlalu dan mncoba mnyelesaikan permasalahn dgn suaminya dgn cara yg super sweet menurut saya.
Bneran jadi pingin ketemu orangnya 😁😁

She Spica mengatakan...

Nama: Diah P
Twitter: @She_Spica
Email: pujiawati747@gmail.com

Yang aku pingin banget ada di dunia nyata itu adalah telepon kuning tua milik ibu Georgie di novel LandLine karya penerbit Spring. Telepon yg bisa menghubungi seseorang di masa lalu kita dan merubah keadaan buruk yg terjadi di masa sekarang.
Saya sendiri pingin juga tokoh Georgie muncul di dunia nyata. Saya ingin belajar dari cara dia menyikapi masalah pelik dgn sang suami, yg awal mulanya terjebak dgn nostalgia dn menelepon suaminya ketika muda melalui telepon ajaib itu. Namun trnyata Georgie memiliki sikap dewasa yg logis untuk tidak brlarut2 menikmati masa lalunya yg sudah brlalu dan mncoba mnyelesaikan permasalahn dgn suaminya dgn cara yg super sweet menurut saya.
Bneran jadi pingin ketemu orangnya 😁😁

Aisy Paboel mengatakan...

Nama: Aisyah Rahmatusysyifa
Twitter: @pabooel
Email: arahmatusysyifa@gmail.com

Aku mau Romeo Rashad dari serial novel The Chronicles of Audy! Kenapa? Karena kita memiliki banyak kesamaan. Salah satunya, sama-sama jorok (jarang keramas). Ok maaf, aku tahu, itu bukanlah hal yang patut dibanggakan apalagi dijadikan alasan untuk memenangkan giveaway. :)) Romeo itu pacar-able banget! (kecuali kejorokannya yang membuat sebagian cewek-cewek ilfeel, untung aku jorok juga jadi bisa memaklumi haha). Romeo dengan segala keseleborannya selalu bisa dijadikan andalan oleh keluarganya. Bahkan ia turut membantu ekonomi keluarganya. Selain itu ia juga humoris, asik, dan suka jail. Kebetulan aku juga suka bercanda, jadi nyambung deh. Eits, walaupun Romeo suka bercanda, dia tahu kok mana waktu-waktu untuk menjadi serius. Sekalinya udah serius, dia benar-benar menjadi seorang 'lelaki'. Duh, kayaknya nggak akan bosan kalau menjadikan Romeo sebagai seorang pacar. Malah lanjut pelaminan deh :)) Oya, Romeo juga sangat-sangat perhatian! Kelihatannya saja dia seperti cuek dengan keadaan sekitarnya, tetapi nyatanya dia sangat-sangat peduli. Apalagi dengan keluarganya. Romeo juga orangnya sabaaaaaaaar banget, hatinya mudah tersentuh lho. Pinter IT lagi! Di zaman modern ini, kehadiran sosok yang piawai dalam teknologi sangat dibutuhkan dalam keseharian aktivitas kita. Jadi kalau kita ada masalah atau butuh bantuan berkenaan dengan IT, tinggal konsul saja dengannya. Pasti dibantu deh, soalnya Romeo ramah dan terbuka dengan orang lain. Ah, aku sisipkan sedikit dialog Romeo yang bikin aku klepek-klepek di novel 4/4 [The Chronicles of Audy #3],

“Kamu tahu kan, kalau kamu lagi stres kamu selalu bisa datang ke aku.” –Romeo, halaman 189.


“Selama bareng aku, aku nggak akan membiarkan kamu stres.” –Romeo, halaman 217.

I need u in a real life, Romeo! <3

Regina Kencono Putri mengatakan...

Nama: Regina Kencono Putri
Twitter: @inase_michaelis
Email: inase_michaelis@yahoo.co.id

Waaaa,aku bingung kalo disuruh pilih!Tapi,yang pasti antara Kageyama dari The After Dinner Mysteries,Sumikawa Sayuri dari Girls In The Dark

1.Kageyama.Aku pengen banget punya pelayan kayak dia!!Udah ganteng,cerdas,jago masak sama bersih2,bisa jadi bodyguard juga,kyyyaaa!!Meski lidahnya tajem,wkwkwk.Gak harus jadi pelayanku deh,ketemu sama bisa ngobrol pasti udah honto ni ureshii ^w^
Pokoknya kalo ketemu Kageyama aku pasti bisa belajar banyak dari dia,belajar analisis,belajar masak,belajar macem2 deh hehe

2.Sumikawa Sayuri.Aku kagum banget sama tipe cewek dibalik layar kayak gini.Dia juga tipe yang nggak setengah2 berbuat apapun,termasuk yang mengagetkan diendingnya itu.Aku juga suka kekaleman sama ketenangannya,ketelatenannya hadapi Itsumi dkk,dan dia juga nggak munafik.Kalo bisa ketemu dia,aku pengen ngobrolin banyak buku sama dia sambil makan kudapannya Akane >_<

Unknown mengatakan...

Nama: Rinita | Twitter: @rinitavyy | email: rinivir90@gmail.com

Kepada 4R yg pesonanya susah ditolak, susah bikin move on, yg alhamdulillahnya seri keempatnya sudah keluar bulan lalu. Aku mau mereka beneran jatuh dari bukunya kak Ori tepat dihadapanku ~eeaaa.

Mulai dari Si-paling awesone bikin mata bersilau-silau "Regan" karena sangking ehemm kerennya aku lupa cara mencari oksigen. Lalu berlanjut ke manusia phobia samphoo, si maniac games dan hacker tapi ganteng abis "Romeo". Kemudian berlayar ke lelaki paling Jenius, populer dan...cool! siapa yg nggak tahu namanya "Rex". Terakhir si unyu dan nggemesin "Rafael", tipe2 adik idaman lahh hahah, wah bakal heboh tuh kalau mereka beneran ada di dunia nyata! jatuh dari buku lagi!

Hani Karts mengatakan...

Hani Kartika Sari | @haniktsr | hannikartikaa@gmail.com

Tokoh fiksi yang aku inginkan adalah Scarlet dari novel berjudul Scarlet The Lunar Chronicles karya Penerbit Spring.

Alasanku, karena kepribadian Scarlet yang tidak mudah putus asa dalam penggambaran saat mencari neneknya itu bisa membantu dalam menghadapi situasi seperti yang dirasakan Tom, Scarlet bisa mengajari bagaimana untuk terus berjuang, pantang menyerah, dengan segala keyakinan untuk bisa melalui segala masalah.

Lagi, Scarlet itu menurutku seorang yang berani dan peduli terhadap orang lain, saat scene dia memprotes olok-olokan terhadap seorang gadis cyborg, sudah pasti Scarlet juga akan peduli denganku jika aku mengalami situasi yang mirip dengan Tom, aku yakin dia akan memberiku semangat, memotivasiku untuk terus bertahan dan berani untuk menghadapi dunia luar yang kupikir sangat kejam memperlakukanku demikian.

keep moving! mengatakan...

Noer Anggadila
@noeranggadila
noeranggadila27@gmail.com

Cinder! Karena aku tertarik sama tubuh cyborgnya itu loh, gimana dan bagaimana kalau hal itu bisa dilihat secara nyata, pasti bakal menggegerkan dunia nyata sekarang ini, aku tertarik untuk mempelajari cara tubuh robot dan tubuh manusia bisa bergabung menjadi cyborg, dan kali aja Cinder bakalan spoilerin ke aku tentang the lunar chronicle sampai ending karena aku belum sempat baca kelanjutannya, dan juga kami bisa menggosipin pangeran Kai, hehe mumpung dia gak bisa denger. dan satu lagi, aku mungkin bisa minta ajarin untuk jadi mekanik seperti Cinder, kali aja aku punya bakat terpendam dalam hal itu, hehe

Erika Reieru mengatakan...

Erika Putri Gustiana
@ErikaGustyana
erikaputrigustiana@gmail.com

Absolutely, Rex Rashad from The Chronicles of Audy! He is the coolest character ever! Bayangin aja dengan otak super jenius, si ensiklopedia berjalan itu membuat aku sebagai pembaca berkali-kali jatuh cinta dengan karakternya, dengan kebiasaannya, dengan cara pikirnya. My GOD, I'm nuts about him!!! ≧﹏≦
Aku pengen ngeliat dia langsung senyumnya yg asimetris, ngeliat jakunnya yg naik turun saat minum (oke pikiran ku mulai liar 😝), menghirup aroma peppermint yg memabukan itu, daaaaan gak akan pernah bosan mendengarkan teori-teori ilmu pengetahuan yg didapatnya dari buku-buku super tebal itu. Seriously, siapa yang ngga bangga pacarnya sejenius itu yg memenangkan lomba essay berhadia sepulu ribu dolar. Aku sih gak bakalan mikir dua kali kalau dilamar cowok macam Rex Rashad dengan merangkap keahlian memasak tempe emas. XD
Yang paling penting, Rex bisa menyemangatiku mengerjakan skripsi berbahasa Inggris ku saat ini. Bahkan mungkin si ensiklopedia berjalan itu bakalan membantuku. Hihi αƒš(⌒▽⌒αƒš)

Euisry Noor mengatakan...

Nama:Euis Sri N
Twitter: @EuisSriNur
email: euisry@gmail.com

Sejujurnya aku belum baca buku-bukunya Penerbit Spring, Haru, & Inari. Jadi susah jawab pertanyaannya. Tapi aku tertarik pengen baca buku ini setelah baca postingan ini & review buku The Girl on Paper. Aku harap masih tetap bisa ikutan giveawaynya ya. Siapa tahu buku tersebut jadi ajang perkenalanku dengan Penerbit Spring :).

Unknown mengatakan...

Nama:aretha zhen
Twitter: tidak punya
email: arethababy@gmail.com

Kalau bisa membawa satu karakter yang paling menarik tentu saja Lara Jean dari novel Jenny Han to all the boys i've loved before. Seneng banget kalau bisa punya teman yang baik, pendiam, setia dan ramah seperti Lara. Selain itu saya juga ingin membahas tentang surat - surat dia yang dikirim ke cinta monyetnya .

Unknown mengatakan...

Heni Susanti | @hensus91 | henis_minozz@yahoo.com

Jika aku mengalami apa yang sedang dialami Tom, aku berharap yang muncul adalah Margot - Jenny Han's Series. Karena saat itu aku tentu sedang sangat kalut, bingung, stress dan merasa duniaku hampir hancur. Maka sosok terkendali, tenang, cekatan, dan selalu bisa mengatasi keadaan akan sangat tepat untuk berada disampingku. Dia akan bisa menjadi pendingin untuk otakku yang panas. Dia juga akan menjadi sosok penguat yang bisa menopangku dari keputusasaan.

Seperti Lara Jean yang mengidolakan Margot, aku juga merasakan hal yang sama setelah membaca dua karya Jenny Han, To All The Boys I've Love Before dan PS. I Still Love You. Dia seperti pengatur segala ketidakteraturan tanpa kesan dominasi dan sok tahu.

Jadi, ayo keluar dan mari jadi teman baik, Margot! ;)

Prillamutia mengatakan...

Prilla Mutia
Twitter: @prillamutia2
Prilla.muthia@yahoo.co.id

4R tentunya! Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Kenapa mereka? Biar ku perjelas.

Regan, dia akan membantuku saat aku kesulitan. Ia juga akan memberi pencerahan untukku. Secara, dia kan pengacara, udah pengacara, pinter, ganteng lagi. Duh, sepaket banget.

Romeo, si R2. Hacker. Pengen banget punya kenalan hacker. Kalo ada apa-apa yang berkaitan tentang it kan jadi mudah. Romeo juga humoris! Aku selalu tertawa membaca lelucon Romeo. Receh sih, namun lucu!

Rex, si R3 yang paling kalem di antaranya. Yang paling diem. Yang paling cool. Yang paling gemesin. Aaaaakkkk, Rex tuh selalu ngingetin Audy tentang skripsinya. Dan, kalo Rex nyata, kan aku bisa minta dia bantu ngerjain skripsi aku biar cepet tuntas, terus sidang deh haha.

Yang terakhir, Rafael. Si kecil, si anak istimewa. Duh, IQ aku sama di gedean dia kali yah? Pasti deh haha. Rafael tuh gemesin bangetttttt. Pengen banget punya adek kayak Rafael!

analembana mengatakan...

Nama : NANI ROHYANI
Twitter : @nani_rohyani
email : nanirohyani12@gmail.com

karena saya baru membaca 2 buku dari Penerbit Spring karya Jenny Han yaitu To All The Boys I've Loved Before dan P.S I Still Loved You , saya jadi mengidolakan Margot. Kalau saya jadi Tom maka saya ingin sekali bertemu dengan Margot, dia itu sosok kakak perempuan yang sempurna. Baik, cerdas, dan sifatnya yg keibuan itu jadi nilai plus untuk diidolakan. Margot is the best sister :)

Unknown mengatakan...

Bintang Maharani | @btgmr | btgmhrn@gmail.com

Gogo a.k.a Margot dari seri TATBILB & PSISLY.

Berhubung saya adalah anak perempuan tertua, saya cukup bisa merasakan apa yang dihadapi dan dilewati oleh Gogo dalam mengurus dua adik perempuannya. Terkadang saya merasa ingin juga diayomi, bukan hanya mengayomi. Saya pun merasa Gogo sudah sangat dewasa di usinya yang masih relatif muda. Pengalamanlah yang mendewasakannya.
Saya mengagumi sosoknya. Saya ingin punya kakak perempuan seperti Gogo yang lebih bisa momong adik-adiknya dengan sangat wise dan loveable. Jadi ya saya memilihnya untuk hadir di kehidupan nyata supaya dia bisa jadi kakak perempuan yang baik untuk saya :)

Unknown mengatakan...

Nama: Nurwahidah
Twitter: @wawha_cuza
Email: wawcuz@gmail.com

Jawaban: 4R Regan, Romeo, Rex, dan Rafael, hahaha. Karena aku lagi skripsian dan mereka mewarnai hariku, wooooooow doubleeeeee..

Insan Gumelar Ciptaning Gusti mengatakan...

Nama: insan gumelar ciptaning gusti
akun twitter: @san_fairydevil
alamat email: alamadt_saya@yahoo.com

Dan pertanyaannya adalah:

Jika kalian ada di situasi yang mirip dengan Tom, siapa tokoh fiksi yang kalian inginkan terjatuh dari buku dan muncul di hadapan kalian? Dan apa alasannya? Dengan catatan: tokoh fiksi tersebut haruslah tokoh dalam novel terbitan Haru, Spring atau Inari, yaa~

Aku ingin Martin Jo dari Duet yang keluar dari buku. Soalnya dia laki-laki yang komplit. Baik dan buruknya ada. Angkuhnya yang kurang ajar dengan semua kelebihan dia itu poin tambah. Dengan caranya dia yang menyebalkan bisa masuk perlahan lalu mendobrak pertahanan hati.. Hahaha πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Gak bosen baca.

Usup Supriyadi mengatakan...

usup supriyadi | @usupsupriyadi_ | usupsupriyadi@gmail.com

Aku berharap tokoh itu adalah tokoh yang ada dalam novel When The Star Falls by Andry Setiawan terbitan Haru, mulai dari Lynn, Sam, dan Billy. Terlebih aku harap tokoh itu adalah Billy. Aku merasa ada ketertarikan tersendiri dengan kenyataan yang diciptkan oleh penulisnya dalam kehidupannya itu. Aku benar-benar ingin tahu perasaannya di poisi yang sangat serba salah itu. Apakah semua laki-laki kuat pada dasarnya, atau jauh di dalam hatinya menyimpan bara tersendiri yang melebihi panasnya api? Ah, Sam dan Lynn bukankah kalian pun ingin kembali bertemu dengan Billy? Atau kalian merasa sudah senang di sana?

Unknown mengatakan...

etika setya
@tikikabum
tikikabum@gmail.com

Aku mau Levi!!!!! dari semua tokoh haru spring inari aku paling suka Levi. Pokoknya dari awal baca Fangirl sampe sekarang aku masih suka banget sama Levi. Mungkin karena aku merasa punya banyak kesamaan sama tokoh Cath kali ya, jadi jatuh cintanya ya sama Levi XD

Rin Ismi mengatakan...

Nama: Rin Ismi
Akun twitter: @ABarcalova
Email: barcalovaarienne@yahoo.co.id

Jika ada tokoh dalam buku yang bisa muncul ke dunia nyata, aku pengen ketemu Cinder di The Lunar Chronicles karya Marissa Meyer. Alasannya, karakter Cinder dalam novel ini benar-benar antimainstream dari dongeng kebanyakan. Cinder tidak digambarkan sebagai si Upik Abu yang menye-menye tapi justru mekanik setengah cyborg yang sebenarnya adalah seorang putri.

R mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
R mengatakan...

Nama : Fira Yultiara R
Twitter : FiraYultiara
Email : fyultiara@yahoo.co.id

Jika kalian ada di situasi yang mirip dengan Tom, siapa tokoh fiksi yang kalian inginkan terjatuh dari buku dan muncul di hadapan kalian? Dan apa alasannya?

Pertama, saya kebingungan siapa yang harus saya pilih antara Jang, Jae Kwon, dan khususnya anggota 4R. Mereka semua punya karakter khas masing masing, dan saat membaca novelnya saya selalu berharap seandainya saja mereka bukan hanya karangan fiksi, mungkin sudah ku gaet semua, hehe.

Tapi karena inti dari pertanyaannya adalah 'bagaimana jika saya berada di posisi Tom', tentunya saya tidak ingin mengusik dan berharap pria pria yang sudah memiliki kekasih untuk jatuh dari dalam buku. Tidak setelah saya sudah merelakan tokoh fiksi milik saya untuk memiliki kekasih di dalam alur ceritanya.

Bisa terbayang nanti jika salah satu diantara Rex atau Regan yang jatuh, saya bisa bisa menahan mereka di dunia ini karena mereka ciptaan saya, dan saya berhak memiliki mereka daripada harus galau akibat kekasih saya yang baru memutuskan, hehe. Nanti yang ada Audy sama Maura ikutan keluar dari novel terus cekek saya /lah/.

Dan tidak mungkin juga Jang, karena mana bisa dia 'terjatuh', hantu mana ada yang terjatuh.

Jadi saya memilih Rafael Rasyad untuk terjatuh dari dalam novel! Hayo kamu anak dingin, jatuh! Wkwk

Saya bisa menerka pasti kisahnya akan benar benar menarik dan berbeda jika saat itu Rafael yang terjatuh dari dalam novel. Selain karena dia adalah anak dengan IQ dan kecerdasan yang jauhnya bagaikan bumi dan alpha centauri dengan sosok Audy (termasuk diriku), Rafael yang sudah memahami nyaris seluruh pelajaran dan selalu merasa bosan itu pastinya akan terkejut dan merasa benar benar penasaran akan mengapa dia sampai bisa 'terjatuh dari dalam novel yang notabenenya adalah sebuah buku, bukan ruang'.

Terbayang pada awalnya dia akan muncul dari halaman buku yang mungkin akan terputus pada bagian saat Rafael benar benar jenuh dengan masa SDnya yang begitu membosankan dan sudah semua diketahuinya itu dan memohon agar dia diberikan sesuatu yang baru.

Nanti dia akan datang sebagai anak kecil yang akan saya terus menerus sesali mengapa bukan kakak kakaknya yang terjatuh. Rafael pasti akan benar benar menemukan banyak hal yang baru, banyak hal yang bahkan logika setaraf einsteinnya itu tidak bisa cerna, dan menemukan fakta bahwa dirinya adalah salah satu karakter dari novel, dia, kakak kakaknya, dan bahkan Audy.

Karena kecerdasan dan sifatnya - yang polos tapi tidak menunjukkan sifat anak anak sama sekali itu- dia akan mengeluarkan kata yang seakan menyilet tentang betapa bodohnya saya bisa terpuruk -sama seperti tokoh dalam Girl On Paper, bukan tidak mungkin bagi anak kecil seperti Rafael untuk berkata seperti itu, kan?

Mungkin bahkan nanti dia sampai memberi tanda merajuk pada saya. Karena, meskipun dia tidak perduli dan terkesan cuek, akhirnya tersadar dan ingin bersatu bersama kakaknya dan kembali ke hidupnya sendiri -persis seperti saat Rafael mengetahui bahwa kakaknya Rex akan pergi jauh dan mereka akan pindah rumah-.

Ah- saya yakin pasti akan menyenangkan jika Rafael yang terjatuh, Kid On Paper-ku wkwk.

Reni mengatakan...

Nama Reni Rahmat
Twitter @RhenyRahmat
Email Renirahmat131196@gmail.com

Tokoh fiksi yang aku mau terjatuh dari novel adalah Cinder LinhπŸ˜‡πŸ˜€πŸ˜€
Kenapa? Aku suka bnget sama tokoh Cinder, dimana dia adalah seorang Cyborg yang memiliki kemampuan mekanik yg sangat luar biasa. Kalo aku punya temen kaya Cinder kan enak, bisa perbaikin berbagai macam android aku kalo rusak. Dan Aku suka karena dia juga punya kekuatan utk melawan Ratu Levana yg jahat. So Cinder ayo kita ke Bulan bersama dan hancurkan Ratu LevanaπŸ˜ˆπŸ˜„πŸ˜†☺☺

Unknown mengatakan...

Nama: Damar
Akun twitter : @Damar_BookComa
Email: bookcomablog@gmail.com

Tokoh fiksi yang diinginkan terjatuh dari buku dan muncul di hadapanku adalah Jae Kwon dari buku Oppa and I nya penerbit Haru. Sosok Jae Kwon adalah sosok kakak laki-laki yang sempurna untukku, yang kebetulan tidak punya kakak laki-laki.
Jae Kwon adalah seorang kakak yang kocak dan bersedia melindungi keluarganya terutama saudara kembarnya, Jae In-a. Ia berusaha membahagiakan adiknya, walaupun adiknya berusaha menjauhinya.
Benar-benar seperti sosok pria sempurna yang hanya ada dalam drama-drama korea saja.

love smile mengatakan...

Nama: Desita Wahyuningtias
Twitter: @desitaw97
email: desitaw97@gmail.com

Aku mau Sumikawa Sayuri dari novel Girls in The Dark karya Akiyoshi Rikako! Pertama-tama aku akan minta dia tanda tanganin novel itu dan bilang kalo aku adalah salah satu fans-nya. Setelah itu, aku akan minta Sayuri ngajarin aku gimana caranya memanipulasi orang-orang disekelilingku tanpa perlu menarik perhatian mereka secara langsung seperti yang dilakukan tokoh Shiraishi Itsumi (cukup menjadi pemimpin bayangan/ otak di balik layar), HAHAHA [tertawa jahat].
Tapi tentu saja minus rencana pembunuhan. Dan untuk amannya (sebagai pencegahan), aku akan membawa benda tajam (minimal pisau lipat) kemanapun aku pergi selama bersama Sayuri. Siapa yang bisa menduga apa yang ia pikirkan? *mungkin saja aku berpotensi jadi target dia yang selanjutnya.
-Aduh jadi merinding-

Rini Cipta Rahayu mengatakan...

Rini Cipta Rahayu
@rinicipta
rinspiration95@gmail.com

Dari sekian banyak tokoh dari novel terbitan Haru, Spring dan Inari yang udah aku baca, aku ingin menghadirkan sosok Park Jae Kwon 'Oppa and I' ke dunia nyata. Saat membaca novel ini, aku ngebayangin gimana rasanya jadi Jae In. Punya kakak laki-laki dan saudara kembar, pula! Itu harapanku banget. Aku anak sulung, tapi selalu aja pengin punya kakak laki-laki. Banyak yang bilang kalo punya kakak laki-laki, pasti ngerasa tertindas karena ditindas oleh kakaknya haha.. tapi Jae Kwon Oppa ini berbeda, dia kakak laki-laki yang ini penyayang dan sabar banget menghadapi sikap adiknya, menjaga dengan sepenuh hatinya. Idaman pokoknya deh!

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Shiela mengatakan...

Nama : Shiela Hartiningtyas
Twitter : @ruth_shiela
Email : lha230688@gmail.com

Tokoh fiksi yang aku inginkan terjatuh dari buku dan muncul di hadapanku adalah telepon unik yang ada dalam novel Landline terbitan Penerbit Spring.
Eits, tidak apa-apa kan memilih telepon? Kan tidak ada syaratnya harus tokoh yang hidup, lagipula menurutku telepon inilah yang memegang peranan penting
dalam novel Landline.:)
Alasanku memilih telepon ini apalagi karena kelebihannya yang mampu menghubungkan kita dengan masa lalu.
Jika Tom bisa mendapatkan telepon ini, tentu Tom bisa terhubung dengan masa lalunya kembali, terutama dengan Aurore.
Banyak hal yang bisa dibicarakan dan semoga saja dengan pembicaraan tersebut, Tom dan Aurore bisa kembali membaik hubungannya dan Tom juga bisa terhindar dari ketenggelamannya ke dalam alkohol dan obat terlarang.

Hary mengatakan...

Nama : Hary Gimulya
Twitter : @angels_rutherfo
Email : harygimulya@gmail.com

Jika aku menjadi Tom, aku ingin karakter Ke JingTeng dari novel You Are The Apple of My Eye dari Penerbit Haru yang muncul di hadapanku.
Alasannya karena menurutku Ke JingTeng sudah mendapat banyak pengalaman dari kegagalan hubungannya dengan ShenJiaYi.
Aku ingin meminta nasehatnya karena aku tidak ingin hubunganku dengan Aurore juga berakhir kandas.
Aku tidak ingin tenggelam dalam ketidakpastian dan hal-hal negatif yang malah merugikan diriku sendiri.
Semoga dengan kehadiran JingTeng, aku bisa belajar banyak dan bisa mendapatkan kembali Aurore dan hubunganku dengannya bisa berakhir happy ending.

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon