Rabu, 26 Oktober 2016

[Resensi] Ini Rahasia - Netty Virgiantini

Judul buku: Ini Rahasia
Penulis: Netty Virgiantini
Editor: Dewi Sunarni
Proofreader: Alit Tisna Palupi
Desainer cover: Dwi Anissa Anindhika
Penerbit: Gagas Media
Tahun terbit: 2011 (cetakan ketiga, cetakan pertama tahun 2010)
Tebal buku: 184 halaman
ISBN: 9789797804312



BLURB

Ssst, ini rahasia….

Jadi tutup bibirmu rapat-rapat karena bicara sepelan apa pun bisa membuat rahasia kita ketahuan. Aku akan bicara jujur tentang semuanya, tetapi tidak di sini. Di sana saja—tak ada siapa pun yang memperhatikan. Tapi janji dulu, jangan pernah cerita kepada siapa pun. Tak ada pengecualian. Jangan cerita ke teman-teman segengmu, ibu—apalagi pacarmu. Jauhkan tanganmu dari godaan menulis message tentang ini di wall akun Facebook-mu.

Mendekatlah, karena aku akan membisikimu rahasiaku. Rahasia tentang hatiku; tentang aku dan mereka. 

RESENSI

Tari merupakan gadis yang menjadi manajer tim sepak bola kelasnya. Ia melakukannya karena kecintaannya pada sepak bola dan karena bersahabat dekat dengan kapten tim kelasnya, Rendi. Tari menjadi penanggung jawab urusan jadwal pertandingan tim kelasnya dan juga.... uang taruhan yang digunakan dalam pertandingan. Ya, Tari memang punya rahasia besar. Ia dan tim sepak bola kelasnya melakukan taruhan. Selama ini rahasia itu tersipan aman dan rapi tanpa terendus pihak sekolah.
Hingga suatu hari di tengah pertandingan, Alex dan Rudi, yang merupakan perwakilan dari OSIS menghampiri mereka. Naluri pertama Tari dan teman-temannya adalah waspada. Tapi bagaimana Tari bisa berhati-hati kalau Rudi adalah gebetan yang sudah disukainya sejak kelas satu?
Semakin Rudi mendekatinya, semakin Tari kelimpungan, semakin teman-teman mengingatkannya agar berhati-hati. Rudi bisa saja musuh yang mengincar mereka. Tari tahu, tapi tak mampu menolak pesona Rudi, dan perhatian dari cowok itu yang entah mengapa tiba-tiba mengalir tak terbendung.
Hingga Tari ketahuan. Pihak sekolah berhasil mendapatkan bukti bahwa ia melakukan taruhan. Rudikah yang melaporkannya? Akankah bunga-bunga cinta yang baru saja berkembang terpaksa luruh? Benarkah Rudi hanya memanfaatkannya?

-------------------

Setiap orang pasti punya rahasia. Lalu kira-kira rahasia apa yang kemungkinan dimiliki oleh remaja SMA? Tadinya saya kira ini tentang cinta diam-diam, tentang cinta yang hanya mampu dipendam dan dirahasiakan. Yah ternyata saya secetek itu, karena saya salah besar. Ini Rahasia ternyata menceritakan tentang suatu kriminalitas kecil yang dilakukan tokoh utamanya. Meski tetap dibalut dengan kisah cinta yang malu-malu dan cukup konyol, saya menemukan pemaknaan akan sebuah persahabatan dan tanggung jawab.

Ini Rahasia berkisah melalui sudut pandang orang ketiga, dan tentunya lebih banyak berfokus pada Tari. Maka tentu saja, apa yang dirasakan oleh Rudi dan Rendi menjadi hal yang saya nantikan dengan deg-degan. Sayang Netty Virgiantini nggak terlalu memanjakan jenis pembaca macam saya yang paling suka membaca liku perasaan dan unek-unek si tokoh cowok. Tapi justru kelangkaan itu yang membuat saya jadi deg-deg plas setiap kali Rudi menunjukkan perasaannya pada Tari.
Cerita dalam novel ini bisa dibilang sangat sederhana. Nggak ada kerumitan yang berarti. Hanya tentang Tari yang berusaha menyembunyikan rahasianya dari Rudi. Juga tentang kecintaan Tari pada sepak bola. Deskripsi dan narasi tentang sepak bolanya panjang dan mendetail banget. Bisa dibilang buku ini memang didominasi tentang sepak bola. Mungkin, bagi beberapa pembaca akan terasa membosankan, karena temponya menjadi lambat saat tim sepak bola kelas Tari bertanding. Namun dialog antar tokohnya begitu cair dan luwes sehingga membuat cerita ini enak dinikmati. Banyak humor yang saling dilontarkan satu sama lain membuat adegan makin seru.
Adegan konyol yang paling saya suka adalah saat Momo mogok. Saya nggak berhenti ketawa membaca ulah Tari dan bagaimana dia grogi tapi juga masih menjaga prinsip saat berbicara dengan Rudi. Sementara adegan yang bikin saya puas adalah saat Rudi memergoki Tari peluk-pelukan dengan Rendi. Cara Rudi cemburu itu terasa menggemaskan dan puas rasanya saat melihat emosi terdalam Rudi.

Karakter dalam novel ini lagi-lagi anak-anak SMA yang sederhana, nggak mentereng dan khas remaja di kota kecil. Ng... bukan berarti saya mengecilkan kota Magetan, tapi suasana dan gambarannya terasa adem tanpa hingar bingar mall atau restoran mewah. Yang ada hanya anak-anak SMA yang kepikiran nongkrong di lapangan bola dan warung bakso. Dan lagi-lagi cowok kalem lagi yang saya temukan di sini. Lama-lama saya bisa mabuk cowok kalem nan sederhana, karena Netty Virgiantini selalu bisa membuat si tokoh pria terlihat manis dan mudah dicintai. Hanya saja meski tenang, terkendali dan kalem seperti karakter khasnya, yang membedakan Rudi dari beberapa karakter novel karya Netty Virgiantini yang lain adalah, Rudi ini populer, anggota OSIS dan lumayan jahil. Saya merasa dia iseng juga dengan sengaja bikin Tari salah tingkah. Wkwkwk~
Sementara karakter Tari digambarkan sebagai cewek jagoan, berani, tangguh tapi dengan fisik biasa saja. Jagoan yang melempem dan grogi di depan gebetan. Cukup suka sih sama Tari, dan ngiri juga. Bayangkan sampai SMA pun dia masih dibolehin main sepak bola bareng teman-temannya. Lha saya, baru gocek bola di kebon samping rumah aja udah diceramahin sama bokap, anak cewek udah gedhe, gak boleh main bola lagi. Ih, kan sedih. Makanya kok enak banget si Tari. Saya suka dengan ceplas-ceplosnya Tari, juga gerak-geriknya yang salting abis tiap deket Rudi.

Di novel ini saya mendapatkan arti persahabatan dan solidaritas yang luar biasa. Ikatan yang mereka miliki sudah selayaknya saudara. Saya belajar arti memaafkan dan legowo dari Tari. Saya belajar arti mempercayai. Saya belajar arti kearifan dan keadilan dari kepala sekolah. Dan saya belajar arti melepaskan dan penyesalan dari Rendi. Bagaimanapun fair play juga berlaku dalam cinta sama halnya dengan sepak bola.
Pada akhirnya, Ini Rahasia merupakan novel yang ringan dan mudah dibaca. Bagi kalian pencinta sepak bola boleh banget baca buku ini. Kisah tentang cewek tomboy yang menyimpan rahasianya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon