Sabtu, 01 Oktober 2016

[Posbar] Empat Tempat Favoritku untuk Membaca

Untuk bulan September, tema Posting Bareng BBI adalah tentang Tempat Baca. Jadi saya bakal ajak kalian ke tempat-tempat favorit saya yang selama ini saya habiskan untuk membaca buku. Tempat di mana saya merasa nyaman, merasa tenang hingga akhirnya bisa melahap banyak bacaan. Tempat itu adalah: rumah.

Sebagai ibu rumah tangga dan pekerja paruh waktu, saya jarang banget pergi sendirian. Alhasil waktu baca saya pun hanya waktu yang bisa saya curi di sela-sela pekerjaan rumah tangga dan mengajar. Jadi berikut adalah tempat-tempat favorit saya untuk membaca.

1. Lincak

Saya memang lebih suka lincak daripada sofa. Memang keras dan nggak senyaman sofa, tapi saya betah berlama-lama duduk di sini sambil membaca buku sambil mengawasi anak-anak bermain. Dengan beragam posisi, saya bisa menghabiskan 1 - 2 jam duduk di lincak sambil membaca.



Tempat ini adalah tempat favorit saya untuk membaca di siang hari sementara anak-anak bermain di luar rumah dengan teman-teman mereka. Karena lincak ini ada di ruang depan dekat pintu masuk rumah, ini menjadi tempat yang cukup strategis untuk menuntaskan hobi sambil tetap waspada memperhatikan anak-anak kalau mereka mulai bertengkar. Jadi begitu terjadi baku hantam saya bisa nimpuk mereka pakai buku. Wkwkwk~ Nggaaaak... Bercanda lho itu.


2. My single bed

Kalau anak-anak ada di rumah dan bermain, otomatis aktivitas baca saya pun tergusur ke single bed ini. Kasur milik saya sendiri yang bikin saya lebih sering ngelonin buku daripada ngelonin anak-anak. Karena di kasur ini saya halal meletakkan buku, notes, alat tulis atau apa pun yang berhubungan dengan membaca dan mereview. Lain halnya dengan double bed yang haram diisi buku tapi halal diisi lenguhan dan desahan. Oke... Ini mulai TMI. Mari kembali ke single bed.



Sayangnya, kasur yang ini letaknya lebih ke dalam dan nggak ada jendela. Jadi pencahayaan hanya mengandalkan kekuatan lampu. Hiks. Rencana ke depan sih, minta dibikinin jendela biar bisa hemat listrik dan mata nggak makin parah. Huhuu...


3. Meja belajar

Meja tempat saya mengajar ini juga jadi tempat favorit buat membaca. Mencuri-curi waktu sambil menunggu murid datang, atau kadang di tengah mereka sibuk mengerjakan soal yang saya berikan saya bisa membaca juga.



Meja ini juga saksi transaksi saya pinjam-pinjaman buku dengan murid saya. Kadang juga di sela pelajaran, meja ini jadi saksi diskusi yang seru tentang buku. Bagaimana pun buku telah mendekatkan saya dengan murid-murid saya, membuat suasana jadi cair dan menjadikan saya menjadi teman mereka dan bukannya tutor mereka. Jadi, inilah tempat membaca yang sangat spesial.


4. Sofa

Seringnya saya bakal kembali ke rumah masa kecil saya. Dan sedari dulu tempat inilah favorit saya untuk membaca. Di samping sofa ada jendela yang dulu jika memandang keluar, bakal terlihat gagahnya Gunung Merapi. Berbeda dengan situasi sekarang yang kalau memandang keluar akan terlihat..... rumah susun asrama mahasiswa. Hiks....



Namun tempat inilah yang telah melihat saya tumbuh sebagai pembaca. Dari majalah Bobo, Pasukan Mau Tahu, Wiro Sableng, novel remaja, hingga novel dewasa. Dari masa ke masa, tempat ini selalu jadi tempat favorit.

Nah itu dia tempat favorit saya untuk menghabiskan waktu membaca buku. Bagaimana dengan kalian? Tempat seperti apa yang jadi tempat favorit kalian untuk membaca? Jangan segan untuk berbagi di kolom komentar ya ^^


12 komentar:

Puji P. Rahayu mengatakan...

Ter-distract karena baca keterangan yang single bed *digeplak.

Kendengpanali.blogspot.com mengatakan...

Cckk. Fokus, Ji. Fokus. Wkwkk~

bintang ach mengatakan...

Waahh kita sama2 hobi baca di lincak Mba, hehe. Kalo lincak yg dirumah saya malah lebih sederhana, bikin sendiri. Kayunya pun ngga dipoles semulus gitu :D

Tapi emang enak sih baca di lincak, apalagi pas hujan. Kebetulan lincakku ditaruhnya di teras rumah. Jadi lebih leluasa untuk bs lihat jalanan depan rumah. Hihi

Kendengpanali.blogspot.com mengatakan...

Yeeaaay samaan ya, Bin. Toooss 😆

Dion Yulianto mengatakan...

Aku juga suka baca di sofa, mana keadaann kamar tamunya juga mirip-mirip yang di fotonya mbak Ina pula. Jangan-jangan kamar tamu dan sofa semacam ini memang populer di Jogja ya mbak hahahaha

Kendengpanali.blogspot.com mengatakan...

Wkwk iya kayaknya. Tapi emang enak banget itu sofa ruang tamu di rumah Mbah. Siliiiirrr :)))

Wardah mengatakan...

wahhh sofanya terlihat enak (?)

Matris mengatakan...

Kalo saya sih double bednya malah penuh disisipi buku-buku di sisi-sisinya hahahaha....

Kendengpanali.blogspot.com mengatakan...

Enaaaaak, Wardah :))) Cuma itu sudut sofa suka dipipisin kucing adek sepupuku 😞

Kendengpanali.blogspot.com mengatakan...

Gyahahaha kebalikan ya, Kak Matris :)))

astrid mengatakan...

idem yang soal suka baca di tempat tiduuur... tapi no comment soal double bed nya hahahahah

Kendengpanali.blogspot.com mengatakan...

Toos Mbak Astrid. Hahahahaha...

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon