Kamis, 17 Desember 2015

[Resensi: The Secrets of Sir Richard Kenworthy - Julia Quinn] Pernikahan Berselimut Rahasia


Judul buku: The Secrets of Sir Richard Kenworthy
Sub judul: Rahasia Sir Richard Kenworthy
Penulis: Julia Quinn
Penerjemah: Dharmawati
Desain sampul: Marcel A.W.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: Agustus 2015
Tebal buku: 472 halaman
ISBN: 978-602-03-1889-9
Available at: bukupedia.com




BLURB

Sir Richard Kenworthy hanya punya kurang dari sebulan untuk menemukan istri. Ia tak bisa terlalu pemilih. Tapi ketika melihat Iris Smythe-Smith bersembunyi di balik cello pada pertunjukan musik keluarga Smythe-Smith, Richard tahu ia menemukan gadis yang dicarinya.

Iris Smythe-Smith terbiasa diremehkan karena dirinya bukanlah gadis menonjol. Jadi ketika Richard Kenworthy meminta diperkenalkan, ia langsung curiga. Pria itu merayu, menggoda, dan menunjukkan tanda-tanda pria yang jatuh cinta, tapi Iris tak bisa memercayai kebenarannya. Ketika lamaran pernikahan Richard berujung pada keadaan yang memaksa Iris menerima pria itu, ia akhirnya berpikir Richard menyembunyikan sesuatu…

REVIEW

Richard Kenworthy harus menemukan calon istri. Segera. Itu sebabnya ia jauh-jauh datang ke London meninggalkan estat Maycliffe Park yang terletak di Yorkshire. Dan itu sebabnya ia mendatangi konser kuartet Smythe-Smith. Konser musik yang menampilkan empat gadis lajang dari keluarga Smythe-Smith, yang musiknya bisa dibilang mengerikan itu. Di sanalah di antara ingar-bingar suara alat musik yang menyakiti telinga, Richard melihat Iris, sang pemain cello.
Merasa tertarik pada gadis itu, Richard meminta tolong pada Winston Bevelstoke untuk memperkenalkan mereka. Dengan pendekatan yang intens, Richard makin yakin Iris lah gadis yang cocok untuk peran istri yang dicarinya. Iris cerdas, pengamat yang baik dan sangat mengutamakan keluarga. Itu yang terpenting.
Richard pun menyiapkan misi untuk mendapatkan Iris. Saat ia melamar gadis itu dan Iris memintanya untuk memberi waktu, Richard mengambil tindakan nekat. Ia mencium Iris di depan bibi Iris dan membuat Iris jadi tercemar. Mau tak mau pernikahan harus segera dilaksanakan.
Iris sesungguhnya merasa menyukai Richard. Namun ia juga menaruh curiga pada tindakan buru-buru pria itu. Mengapa Richard ingin sekali segera menikahinya? Apa yang Richard sembunyikan dari Iris? Dan apa sebenarnya yang diinginkan Richard dari Iris dalam peranannya sebagai istri?

---------------

Kembali ke selera asal! Huaaa... sepertinya sudah lamaaa sekali saya nggak membaca Historical Romance #lebay

The Secrets of Sir Richard Kenworthy merupakan novel keempat dari seri Smythe-Smith Quartet karya Julia Quinn. Sebelumnya saya sudah membaca The Sum of All Kisses dari seri yang sama.

Mengambil setting waktu pada tahun 1825, alur novel ini mengalir dengan lincah. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga terutama sudut pandang Iris dan Richard.

Iris merupakan karakter yang menarik. Secara fisik ia begitu pucat dan begitu biasa, ia juga gadis yang kalem dan sabar. Namun Iris gadis yang cerdas dan pengamat yang luar biasa. Saya suka jalan pikiran Iris yang rasional dan jarang bersikap tak masuk akal.
Justru yang membuat frustasi adalah Fleur, adik Richard. Saya sampai berpikir, 'apa sih maunya anak ini? Rumit banget!' XD
Saya suka penggambaran tokoh Richard dalam novel ini. Sebagai hero, karakternya dideskripsikan dengan kadar yang pas. Tampan, tapi nggak berlebihan.
Saya suka dengan interaksi yang terjalin antara Richard dan Iris. Lebih menarik daripada interaksi Sarah dan Hugh dalam novel sebelumnya. Lebih logis dan rasional.

Paling suka di bagian konflik batin Richard yang terbelah antara mencintai Iris atau tetap menjalankan rencananya. Aih, inilah alasan mengapa saya nggak bisa berpaling dari hisrom. Penggambaran konflik batin heronya bikin hati teriris-iris. *jiaaah*

Sepanjang cerita saya dibuat penasaran apa sih yang disembunyikan Sir Richard. Rahasia apa yang melingkupi pria ini, dan apa yang akan terjadi pada Iris nantinya. Saya berharap rahasianya cukup sepadan dengan penantian saya. Tapi... saat terungkap, ternyata masalahnya nggak sesuai ekspektasi. Meski mungkin di masa itu, masalah yang dihadapi Richard dan Fleur ini bisa dibilang masalah berat dan mengakibatkan aib.

Kavernya cantik. Saya memang lemah dengan novel hisrom yang kavernya menampilkan gaun-gaun memikat. Haha~ tapi sepadan kok dengan cerita di dalamnya.

Well, overall saya suka banget dengan novel ini. Enak untuk diikuti dan karakternya loveable. Sangat reccomended, deh :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon